STRATEGI PEMERINTAH DALAM MENINGKATKAN PELAKU EKONOMI KREATIF SENTRA GUCI DESA NEGARA RATU KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

MUHAMMAD, MAULANA AZIZ (2024) STRATEGI PEMERINTAH DALAM MENINGKATKAN PELAKU EKONOMI KREATIF SENTRA GUCI DESA NEGARA RATU KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI MAULANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

STRATEGI PEMERINTAH DALAM MENINGKATKAN PELAKU EKONOMI KREATIF SENTRA GUCI DESA NEGARA RATU KABUPATEN LAMPUNG SELATAN ABSTRAK Strategi merupakan gambaran arah bisnis yang dilihat berdasarkan lingkungan yang dipilih dan merupakan pedoman untuk mengalokasikan sumber daya dan usaha suatu organisasi. Strategi dapat dilihat berdasarkan dari hal yang telah terjadi, seperti terjadinya kecepatan inovasi pasar yang baru dan perubahan pola konsumen dalam memerlukan kompetensi inti (core competencies). Para pengusaha perlu mencari strategi inti didalam bisnis yang dilakukan oleh pelaku ekonomi kreatif untuk merealisasikan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan berbasis kreativitas. Pemanfaatan sumber daya tidak hanya sebatas material tetapi juga meliputi ide, gagasan, bakat atau talenta dan kreativitas. Salah satu strategi pelaku ekonomi yang dilakukan oleh Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) adalah kegiatan ekonomi kreatif Sentra Guci dengan cara melakukan kegiatan produksi dan distribusi barang yang membutuhkan kreatifitas dalam prosesnya. Strategi pemerintah yang digunakan dalam peningkatan pelaku ekonomi ini melalui lima tahapan yaitu Purposes (Tujuan), Environments (Lingkungan), Direction (Pengarahan), Actions (Tindakan), Learning (Pembelajaran). Strategi juga dapat dikatakan sebagai sebuah proses penentuan rencana disertai dengan suatu penyusunan upaya agar tujuan dapat berlangsung sesuai dengan tepat sasaran.Adanya pelaku ekonomi kreatif di Sentra Guci membangun sebuah keahlian sesuai inovasi dan kebutuhan pasar, terutama untuk warga sekitar di Desa Negara Ratu Kabupaten Lampung Selatan, agar dapat mencapai tujuan yaitu kesejahteraan dalam perekonomian, sehingga berkurangnya tingkat pengangguran di Desa Negara Ratu tersebut. Aktivitas lainnya yang dilakukan oleh pelaku ekonomi Sentra Guci terdapat tiga tahapan yang tidak dapat dilakukan oleh satu orang. Tahapan tersebut meliputi : produksi, distribusi, dan konsumsi. Dekranasda membuat strategi promosi yang lebih luas untuk menyebarkan informasi terkait dengan kerajinan tangan guci tersebut. Dengan diadakannya studi banding ke wilayah Yogyakarta untuk di wilayah Indonesia, dikarenakan Yogyakarta memiliki daya tarik wisata yang menarik baik warga Indonesia maupun mancanegara, sehingga peningkatan pelaku ekonomi yang ada di Desa Negara Ratu dapat meningkat. Kata Kunci : Pemerintah, Pelaku Ekonomi, Strategi iv THE GOVERNMENT STRATEGY IN IMPROVING CREATIVE ECONOMIC ACTORS CENTER OF GUCI NEGARA QUEEN DISTRICT VILLAGE SOUTH LAMPUNG ABSTRACT Strategy is a description of business direction seen based on the chosen environment and is a guideline for allocating resources and efforts of an organization. Strategy can be seen based on things that have happened, such as the speed of new market innovation and changes in consumer patterns in requiring core competencies. Entrepreneurs need to look for core strategies in the business carried out by creative economy actors to realize sustainable economic development based on creativity. Utilization of resources is not only limited to materials but also includes ideas, ideas, talents, and creativity. One of the strategies of economic actors carried out by Dekranasda (Regional National Crafts Council) is the Guci Center's creative economic activities by carrying out production and distribution activities of goods that require creativity in the process. The government strategy used to increase economic actors goes through five stages, namely Purposes, Environments, Direction, Actions, and Learning. Strategy can also be said to be a process of determining a plan accompanied by the preparation of efforts so that goals can be achieved according to the target.The existence of creative economy actors at Sentra Guci builds expertise according to innovation and market needs, especially for local residents in Negara Ratu Village, South Lampung Regency, in order to achieve the goal of prosperity in the economy, thereby reducing the unemployment rate in Negara Ratu Village. Other activities carried out by Sentra Gucci economic actors include three stages that cannot be carried out by one person. These stages include production, distribution, and consumption. Dekranasda created a wider promotional strategy to disseminate information related to these jar crafts. By holding a comparative study of the Yogyakarta region for the Indonesian region, because Yogyakarta has tourist attractions that attract both Indonesian and foreign citizens, the increase in economic actors in Negara Ratu Village can increase. Keywords: Economic Actors, Government, Strategy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:37
Last Modified: 05 Jul 2024 08:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33788

Actions (login required)

View Item View Item