EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS 2 DI MIN 2 BANDAR LAMPUNG

Salsabila, Nukhan (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS 2 DI MIN 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI ASLI SALSABILA REVISIAN SIDANG MUNAQOSAH-1.docx] HTML
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SALSABILA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan kegiatan pra-penelitian yang telah dilakukan permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini yaitu hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Peserta didik kurang aktif, dan pasif dalam proses pembelajaran, sehingga berdampak terhadap hasil belajar pada aspek kognitif pembelajaran matematika pada peserta didik kelas 2 di MIN 2 Bandar Lampung. Oleh karena itu perlu diterapkan model pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika peserta didik. Rumusan dalam penelitian ini yaitu apakah model pembelajaran make a match efektif terhadap hasil belajar matematika pada materi perkalian peserta didik kelas 2 di MIN 2 Bandar lampung. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar matemtaika pada peserta didik kelas 2 di MIN 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design, dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Grup Desaign. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas II. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas II B. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan soal tes esay untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Veriabel bebas dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Make A Match (X) sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika (Y). Uji Normalitas yang digunakan adalah uji Kolmogorov-smirnov pada taraf signifikan 0,05, untuk uji homogenitas menggunakan Leven Statistic pada taraf signifikan 0,05, sedangkan uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji t-independent. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis yang telah dilakukan diperoleh hasil sig. (2-tailed) 0,000003<0,05 artinya terdapat perbedaan nilai posttest kelas ekperimen dengan kelas kontrol dengan hasil kesimpulan Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hasil uji-t menyatakan bahwa H1 diterima yaitu ada (terdapat) pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika. Kata kunci : Model Pembelajaran Make A Match, Hasil Belajar, Matematika iii ABSREACT Based on the pre-research activities that have been carried out, the problem behind this research is that student learning outcomes are still low. Students are less active and passive in the learning process, so the impact on learning outcomes in the cognitive aspect of Mathematics learning is still low for class 2 students at MIN 2 Bandar Lampung. Therefore, it is necessary to apply the Make A Match learning model to students' Mathematics Learning Outcomes. The formulation in this research is whether the make a match learning model is effective on mathematics learning outcomes in multiplication material for class 2 students at MIN 2 Bandar Lampung. The aim to be achieved in this research is to determine the effectiveness of the Make A Match learning model on the mathematics learning outcomes of class 2 students at MIN 2 Bandar Lampung.This research is a type of Quasi Experimental Design research, with a Pretest-Posttest Control Group Design research design. The population in this study was all class II students. The sampling technique in this research is class II B. The instrument in this research uses essay test questions to determine student learning outcomes. The independent variable in this research is the Make A Match Learning Model (X) while the related variable is student learning outcomes in Mathematics learning (Y). The normality test used is the homogeneity test using the Kolomogorov�Smirnov test at a significance level of 0.05, for the homogeneity test using Leven Statistics at a significance level of 0.05, while the hypothesis test used in this research is the t-independent test.Based on data analysis and hypothesis testing that has been carried out, the results obtained are sig. (2-tailed) 0.000003<0.05 means that there is a difference in the posttest scores for the experimental class and the control class with the conclusion Ho being rejected and H1 being accepted. Thus, the results of the t-test state that H1 is accepted, namely that there is (is) an influence of the Make A Match learning model on student learning outcomes in Mathematics learning. Keywords: Make A Match Learning Model, Learning Outcomes, Mathematics

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:06
Last Modified: 05 Jul 2024 07:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33785

Actions (login required)

View Item View Item