IMPLEMENTASI SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI KECAMATAN CANDIPURO LAMPUNG SELATAN

HANIY, MASRUROH (2024) IMPLEMENTASI SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI KECAMATAN CANDIPURO LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi SDGs dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kecamatan Candipuro kemudian, untuk mengetahui bagaimana kualitas pendidikan di Kecamatan Candipuro. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrument observasi, wawancara dan kuesioner dalam pengumpulan data penelitian, selanjutnya di analisa secara kualitatif dengan tahapan reduksi, analisa, dan membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil analisa ditemukan bahwa implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kecamatan Candipuro, dapat disimpulkan bahwa upaya untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip SDGs dalam sistem pendidikan telah menjadi fokus penting. Meskipun masih terdapat sejumlah kendala seperti kurangnya pemahaman akan konsep SDGs, keterbatasan sumber daya, dan tantangan dalam partisipasi siswa, namun kesadaran akan pentingnya SDGs telah membuka ruang bagi perbaikan yang berkelanjutan. Dengan kolaborasi yang erat antara sekolah, pemerintah daerah, dan masyarakat, terdapat potensi besar untuk terus meningkatkan implementasi SDGs dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Kecamatan Candipuro secara menyeluruh. Kualitas pendidikan di Candipuro menghadapi sejumlah tantangan yang memengaruhi efektivitas pembelajaran dan pencapaian tujuan pendidikan. Meskipun ada kesadaran akan pentingnya peningkatan kualitas pendidikan, namun masih terdapat kendala�kendala seperti keterbatasan sumber daya, fasilitas, serta pemahaman yang belum merata terhadap konsep SDGs. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah konkret dan kerjasama yang erat antara berbagai pihak terkait untuk mengatasi tantangan ini dan meningkatkan mutu pendidikan secara menyeluruh di Candipuro. Kata Kunci : Implementasi, Sustainable Development, Kualitas Pendidiakan iii ABSTRACT This research aims to find out how the implementation of SDGs improves the quality of education in Candipuro District. Then, to find out what the quality of education is in Candipuro District. This research uses descriptive qualitative research using observation instruments, interviews and questionnaires in collecting research data, then analyzed qualitatively with stages of reduction, analysis and drawing conclusions. Based on the results of the analysis, it was found that the implementation of Sustainable Development Goals (SDGs) has improved the quality of education in Candipuro District, it can be concluded that efforts to integrate SDGs principles in the education system have become an important focus. Although there are still a number of obstacles such as a lack of understanding of the SDGs concept, limited resources, and challenges in student participation, awareness of the importance of the SDGs has opened up space for continuous improvement. With close collaboration between schools, local government and the community, there is great potential to continue to improve the implementation of SDGs in an effort to improve the quality of education in Candipuro District as a whole. The quality of education in Candipuro faces a number of challenges that affect the effectiveness of learning and the achievement of educational goals. Even though there is awareness of the importance of improving the quality of education, there are still obstacles such as limited resources, facilities, and uneven understanding of the SDGs concept. Therefore, concrete steps and close cooperation between various related parties are needed to overcome this challenge and improve the overall quality of education in Candipuro. Keywords: Implementation, Sustainable Development, Quality of Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jul 2024 04:16
Last Modified: 04 Jul 2024 05:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33770

Actions (login required)

View Item View Item