PENGARUH FENOMENA FLEXING dan FEAR OF MISSING OUT (FOMO) TERHADAP SIKAP INVESTASI MAHASISWA DENGAN ASPEK PRUDENTIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa di Bandar Lampung)

Alvi, Choiriah (2024) PENGARUH FENOMENA FLEXING dan FEAR OF MISSING OUT (FOMO) TERHADAP SIKAP INVESTASI MAHASISWA DENGAN ASPEK PRUDENTIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ALVI CHOIRIAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Di masa ini, investasi telah menjadi kegiatan yang diminati oleh berbagai kalangan mahasiswa. Munculnya influencer dan figur endorser lainnya yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan Flexing sebagai alat investasi. Perilaku tersebut muncul di era post truth dimana fakta objektif memiliki pengaruh yang lebih kecil dalam membentuk opini publik. Selain itu Fear Of Missing Out atau FOMO merupakan suatu bentuk kecemasan terhadap adanya peristiwa menarik ditempat lain. FOMO dalam penelitian ini dikorelasikan dengan kecenderungan untuk melakukan investasi. FOMO dapat membuat mahasiswa melakukan perilaku hearding yaitu terlalu cepat untuk membuat keputusan investasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh fenomena Flexing dan FOMO terhadap sikap investasi mahasiswa dengan aspek Prudential sebagai pemoderasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan sampel berjumlah 100 responden mahasiswa di Kota Bandar Lampung dengan menggunakan perhitungan rumus lemeshow. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis regresi berganda dan uji Moderated Regression Analysis (MRA) untuk melihat pengaruh variabel moderasi. Alat analisis yang digunakan yaitu SPSS (Statistical Products and Services Solutions) versi 26 dengan taraf signifikansi sebesar 10% (0,10). Berdasarkan hasil uji t yang telah dilakukan oleh peneliti, memperoleh kesimpulan pada hipotesis pertama dan kedua bahwa fenomena Flexing dan FOMO mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap sikap investasi. Berdasarkan hasil uji t pada hipotesis ketiga, variabel Flexing berpengaruh terhadap sikap investasi dengan aspek Prudential sebagai variabel moderasi. Sedangkan pada uji t hipotesis keempat, pada variabel FOMO tidak berpengaruh terhadap sikap investasi mahasiswa. Dengan demikian, aspek Prudential gagal memoderasi pengaruh fenomena Flexing terhadap sikap investasi mahasiswa namun mampu memperlemah atau memoderasi pengaruh FOMO terhadap sikap investasi. Kata Kunci : Aspek Prudential, FOMO, Flexing, Sikap Investasi iii ABSTRACT Nowadays, investing has become an activity that is of interest to various groups of students. The emergence of influencers and other endorser figures who are not responsible for using Flexing as an investment tool. This behavior appears in the post truth era where objective facts have less influence in shaping public opinion. Apart from that, Fear Of Missing Out or FOMO is a form of anxiety about interesting events elsewhere. FOMO in this research is correlated with the tendency to invest. FOMO can make students engage in hearing behavior, namely being too quick to make investment decisions. This research aims to see the influence of the Flexing and FOMO phenomena on students' investment attitudes with the Prudential aspect as a moderator. The method used in this research uses quantitative research methods, with a sample of 100 student respondents in Bandar Lampung City using the Lemeshow formula calculation. The data analysis technique used is multiple regression analysis and the Moderated Regression Analysis (MRA) test to see the effect of the moderating variable. The analytical tool used is SPSS (Statistical Products and Services Solutions) version 26 which is used as an analytical tool with a significance level of 10% (0.10). Based on the results of the t test carried out by the researcher, the conclusion of the first and second hypotheses is that the Flexing and FOMO phenomena have a significant influence on investment attitudes. Based on the results of the t test in the third hypothesis, the Flexing variable influences investment attitudes with the Prudential aspect as a moderating variable. Meanwhile, in the t test of the fourth hypothesis, the FOMO variable had no effect on students' investment attitudes. Thus, the Prudential aspect fails to moderate the influence of the Flexing phenomenon on students' investment attitudes but is able to weaken or moderate the influence of FOMO on investment attitudes. Keywords : Prudential Aspect, FOMO, Flexing, Investment Attitude

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:59
Last Modified: 03 Jul 2024 12:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33764

Actions (login required)

View Item View Item