IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGI DALAM PROGRAM TAHFIDZ AL QUR’AN PADA MTs N 2 BANDAR LAMPUNG

IDA, WATI (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGI DALAM PROGRAM TAHFIDZ AL QUR’AN PADA MTs N 2 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TESSIS_PERPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of TESSIS_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Program tahfidz merupakan program unggulan di MTs N 2 Bandar Lampung.Keberhasilan program ini mampu menarik minat orang tua murid untuk mendaftarkan anaknya di MTs N 2 Bandar Lampung, dengan harapan agar anaknya dapat memiliki hafalan al-Qur’an yang baik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi manajemen strategi dalam program tahfidz pada MTS N 2 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif.Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi manajemen strategi dalam program tahfidz pada MTS N 2 Bandar Lampung? Dengan sub fokus yaitu: bagaimana formulasi strategi, implementasi, dan evaluasi strategi program tahfidz al-Qur’an Pada MTS N 2 Bandar Lampung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.Data yang terkumpul dianalisis melalui prosedur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Uji keabsahan data dilakukan dengan melakukan triangulasi teknik. Hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) formulasi strategi pengembagan program tahfidz al-Qur’an di MTs N 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023 yaitu Visi terwujudnya insan religious dan misi mengembangkan potensi peserta didik sesuai minat dan bakat serta meningkatkan kompetensi murid melalui pembinaan yang intensif baik akademik maupun non akademik. Tujuan menghasilkan murid berkarakter penghafal al-Qur’an, memfasilitasi murid dalam belajar menghafal al-Qur’an dan membekali murid tahfidz al-Qur’an sebagai modal untuk sekolah lanjutan. Kekuatannya yakni tenaga pendidik atau pembimbingnya, peminatnya cukup banyak, dukungan penuh dari kepala madrasah. Kelemahannya yakni naik turunya semangat dan motivasi murid.Peluangnya yakni dukungan dari orang tua, jenjang karir bagi murid untuk sekolah lanjutan dan citra lembaga meningkat. 2) Implementasi strategi pengembangan program kelas fullday tahfidz iv Al-Qur’an di MTs N 2 Bandar Lampung yaitu program kelas fullday tahfidz al�Qur’an yang telah diformulasikan dan dilaksanakan termasuk pada target yang akan dicapai. Kegiatan rutin hari senin-kamis jam 14.00-16.00. Hafalan dan muroja’ah, sima’an, ujian hafalan, pengambilan sertifikat dan tabarukan.Kelas fullday Tahfidz al-Qur’an dikepalai oleh Aisyah. Tidak ada perbedaan antara budaya atau kebiasaan yang dilakukan oleh peserta didik reguler maupun peserta didik Tahfidz al-Qur’an. gaya kepemimpinan program Tahfidz Al-Qur’an adalah pemimpin yang analitis. 3) Evaluasi strategi pengembangan program Tahfidz Al�Qur’an di MTs N 2 Bandar Lampung yaitu peninjauan yang dilakukan secara langsung dan juga berkala yaitu rapat 2 bulan sekali. Dari hasil peninjauan diketahui bahwa program tahfidz menjadi program dengan peminat terbanyak di MTs N 2 Bandar Lampung. . Kata kunci: Implementasi, Manajemen Strategi, Program Tahfidz, Madrasah. v ABSTRACT Tahfidz program, as an integral part of Islamic education, has an important role in maintaining religious heritage. Meanwhile, Madrasah Tsanawiyah (MTs) is an educational institution that plays a crucial role in spreading and maintaining the memorization of the Qur'an. The implementation of strategic management in the Tahfidz program is a major element in strengthening the efficiency, effectiveness, and sustainability of this program in MTs. This study aims to determine and analyze the implementation of strategic management in the tahfidz program at MTs N 2 Bandar Lampung. The type of research used is descriptive qualitative. The focus of this research is how is the implementation of strategic management in the tahfidz program at MTs N 2 Bandar Lampung. With sub-focus, namely: how the strategy formulation, implementation, and evaluation of the Qur'an Tahfidz program strategy at MTs N 2 Bandar Lampung. The data collection methods used were interviews, observation, and documentation. The collected data were analyzed through data reduction procedures, data presentation, and conclusion drawing. The data validity test was carried out by technical triangulation. The results of the study found that: 1) The formulation of the strategy for developing the Qur'an memorization program at MTs N 2 Bandar Lampung in the 2022/2023 academic year, namely the vision of realizing religious people and the mission of developing the potential of students according to their interests and talents and increasing student competence through intensive coaching both academic and non-academic. The aim is to produce students with the character of memorizing the Qur'an, facilitate students in learning to memorize the Qur'an and equip students with Tahfidz al-Qur'an as capital for further schooling. The strengths are the educators or supervisors, quite a lot of enthusiasts, and full support from the madrasah head. The weaknesses are the ups and downs of student vi enthusiasm and motivation. The opportunities are support from parents, career paths for students for further schooling, and an improved image of the institution.2) Implementation of the development strategy of the full-day tahfidz al�Qur'an class program at MTs N 2 Bandar Lampung, namely the full-day tahfidz al�Qur'an class program that has been formulated and implemented, including the targets to be achieved. Routine activities on Monday-Thursday at 14.00- 16.00.Memorization and muroja'ah, sima'an, memorization test, certificate collection, and tabarukan. The full-day Tahfidz Al-Qur'an class is headed by Aisyah. There is no difference between the culture or habits carried out by regular students and Tahfidz al-Qur'an students. The leadership style of the Tahfidz al�Qur'an program is that of an analytical leader. 3) The evaluation of the development strategy of the Tahfidz Al-Qur'an program at MTs N 2 Bandar Lampung is that the review is carried out directly and also periodically, namely at a meeting every 2 months. Tahfidz with the most enthusiasts at MTs N 2 Bandar Lampung. Keywords: implementation, strategy management, tahfidz program, madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:31
Last Modified: 03 Jul 2024 13:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33758

Actions (login required)

View Item View Item