PELAKSANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK MA AS-SYIFA LAMPUNG SELATAN

Alvina, Damayanti (2024) PELAKSANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK MA AS-SYIFA LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I, II & DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ALVINA DAMAYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PELAKSANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK MA AS-SYIFA LAMPUNG SELATAN Oleh: Alvina Damayanti NPM. 1811080079 Interaksi sosial merupakan hal yang dipelajari dalam kehidupan, interaksi merupakan suatu proses, dalam praktiknya ada individu yang bisa berinteraksi dengan baik dan ada juga yang kurang bisa berinteraksi dengan baik. Ketidakmampuan atau permasalahan peserta didik dalam melakukan interaksi sosial akan berdampak besar terhadap kenyamanan, kondisi kejiwaan dan juga prestasi belajar peserta didik itu sendiri. Maka dari itu, diperlukan interaksi yang baik untuk memperlancar proses belajar peserta didik sehingga mendapatkan hasil belajar yang baik yang didukung dengan perilaku yang baik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik modelling dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial peserta didik MA As-Syifa Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian studi kasus Explanatori Study yakni untuk menjelaskan situasi, biasanya dalam bentuk sebab akibat (didahului dengan desain survey atau eksperimen). Subyek penelitian ini berjumlah lima peserta didik Ma As-Syifa Lampung Selatan yang di laksanakan pada tanggal 18 juli 2023. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik modelling dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial peserta didik MA As-Syifa Lampung Selatan dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial peserta didik, hal ini dapat dilihat dari perubahan yang tampak pada peserta didik yang mulai berani dalam berbicara di depan umum, mulai menikmati suasana kelompok/dapat berbaur, tanggung jawab terhadap tugas sekolah, tidak mudah tersinggung, intensitas melamun berkurang, tetap pada pendirian, dapat mengontrol emosi, dapat memprioritaskan hal iv penting, hubungan antar teman sebaya dan hubungan dengan guru semakin terlihat baik. Kata Kunci: Layanan Konseling Kelompok, Teknik modelling, interaksi sosial v ABSTRACT IMPLEMENTATION OF GROUP COUNSELING USING MODELLING TECHNIQUE IN IMPROVING STUDENTS’ SOCIAL INTERACTION SKILL AT MA AS-SYIFA LAMPUNG SELATAN By: Alvina Damayanti NPM. 1811080079 Social interaction is something that is learned in life, interaction is a process, therefore there are people who can interact well and some who are less able to interact well. The inability or problems of students in carrying out social interaction will have a major impact on the comfort, psychological condition and also the learning achievement of the students themselves. Therefore, good interaction is needed to facilitate the learning process of students so that they can produce good learning outcomes supported by good behavior. The purpose of this research was to analyze the implementation of group counseling with modeling techniques in improving the social interaction ability of MA As-Syifa South Lampung students. This research uses qualitative methods with Explanatory Research and case study research design, namely to explain the situation, usually in the form of cause and effect (preceded by a survey or experiment design). The subjects of this study were five students of Ma As-Syifa South Lampung which was carried out on July 18, 2023. Data collection techniques in this research used observation, interview, and documentation. The results showed that the implementation of group counseling with modeling techniques in improving the social interaction ability of MA As-Syifa South Lampung students can overcome the poor social interaction ability of students, this can be seen from the changes seen in students who begin to dare in public speaking, begin to enjoy the group atmosphere / can mingle, responsibility for schoolwork, not irritable, the intensity of daydreaming is reduced, the relationship between peers and the relationship with the teacher looks better. Keywords: Group Counseling Services, Modeling techniques, social interaction

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jul 2024 03:56
Last Modified: 03 Jul 2024 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33755

Actions (login required)

View Item View Item