PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA LAMPUNG PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD N 2 KEDALOMAN KEC. GUNUNG ALIP KAB. TANGGAMUS

Ibnu, Sina (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA LAMPUNG PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD N 2 KEDALOMAN KEC. GUNUNG ALIP KAB. TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi IBNU SINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Lampung di SDN 2 Kedaloman. Hal ini disebabkan beberapa faktor diantaranya kurangnya minat belajar yang dimiliki peserta didik dan tidak konsentrasi dan fokus saat pembelajaran berlangsung hal ini disebabkan stategi pembelajaran yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV pada pembelajaran bahasa Lampung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Kedaloman dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV sebanyak 11 siswa yang terdiri dari 5 siswa perempuan dan 6 siswa laki laki. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan 2 siklus dengan 2 kali pertemuan dalam 1 siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan model pembelajaran Picture and Picture untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada pembelajaran bahasa Lampung di SDN 2 Kedaloman kecamatan Gunung Alip. Hal ini dibuktikan pada hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui pembelajaran dengan model pembelajaran Picture and Picture, pada siklus I ada 4 siswa yang tuntas dan 7 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata rata 72 dengan presentase sebesar 36%, pada siklus II hanya 2 siswa yang belum tuntas dan 9 siswa yang mendapatkan nilai tuntas dengan nilai rata rata 80 dan presentase sebesar 80%. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Pictire and Picture ini sangat efektif digunakan dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Lampung. Kata Kunci : penerapan model pembelajaran Picture and Picture untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik iii ABSTRACT His research was motivated by the low learning outcomes of students in learning Lampung language at SDN 2 Kedaloman. This is due to several factors, including students' lack of interest in learning and lack of concentration and focus when learning takes place, this is due to less interesting learning strategies. This research aims to determine the significant influence of the application of the Picture and Picture learning model on the learning outcomes of class IV students in Lampung language learning. The type of research used is Classroom Action Research. This research was carried out at SDN 2 Kedaloman with the research subjects being 11 class IV students consisting of 5 female students and 6 male students. Implementation of this classroom action research starts from planning, implementation, observation and reflection. The data collection techniques used are observation, documentation and tests. This research was carried out using 2 cycles with 2 meetings in 1 cycle. Based on the research results, it shows that the application of the Picture and Picture learning model is to improve the learning outcomes of class IV students in Lampung language learning at SDN 2 Kedaloman, Gunung Alip sub-district. This is proven by the fact that student learning outcomes can be improved through learning with the Picture and Picture learning model, in cycle I there were 4 students who completed and 7 students who did not complete with an average score of 72 with a percentage of 36%, in cycle II only 2 students who incomplete and 9 students who received a complete score with an average score of 80 and a percentage of 80%. This proves that the Pictire and Picture learning model is very effective in learning to improve student learning outcomes in Lampung language learning. Keywords: application of the Picture and Picture learning model to improve student learning outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jul 2024 03:21
Last Modified: 03 Jul 2024 03:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33752

Actions (login required)

View Item View Item