PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MA MATHLA’UL ANWAR CINTAMULYA DI LAMPUNG SELATAN

Muhammad, Syukron (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MA MATHLA’UL ANWAR CINTAMULYA DI LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,2 & dapus.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of skripsi full...pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi yang pesat memberikan dampak yang besar terhadap proses pertukaran informasi dan sekaligus memberikan kemudahan bagi manusia dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Gejala ini seiring meningkatnya peran media massa dalam masyrakat khususnya peserta didik. Penggunaan media massa pada system pembelajaran di sekolah menengah ke atas digunakan secara maksimal dan jarang dimanfaatkan. Berdasarkan prasurvey di MA Mathlaul Anwar Cintamulya dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Hasil dari data prasurvey diketahui bahwa nilai hasil belajar Fiqh siswa kelas X MA Mathla’ul Anwar Cintamulya masih ada yang dibawah KKM yaitu hanya 40% atau 24 siswa yang tuntas dalam pembelajaran Fiqh dan 60% atau 36 siswa yang tidak tuntas dari keseluruhan 60 siswa. Adanya kenyataan seperti diatas maka diperlukan suatu inovasi media pembelajaran yang diharapkan lebih efektif dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Metode Kuantitaif. Jumlah sampel yang diguanakan adalah 60 siswa. Pengambilan data diperoleh dengan metode angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media massa dalam meningkatkan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung= 6,090 > nilai t table = 2,00172 sedangkan nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,005. Dengan demikian H0 ditotal dan Ha diterima artinya ada pengaruh signifikan antara pemanfaatan media massa terhadap hasil belajar. Kata Kunci : Media Massa, Pengaruh, Hasil Belajar iv ABSTRACT The rapid development of technology has had a big impact on the informationexchange process and at the same time makes it easier for people to carry out dailyactivities. This phenomenon is in line with the increasing role of mass media in society, especially students. The use of mass media in the learning system in high school is used optimally and is rarely used. Based on a pre-survey at MA Mathlaul Anwar Cintamulya, the implementation of learning activities still uses the lecture method. The results of thepre-survey data show that the Fiqh learning scores for class Given the reality above, it is necessary to innovate learning media which is expected to be more effective in the learning process. The type of research used is the Quantitative Method. The number of samplesused was 60 students. Data collection was obtained using questionnaires and interviews. Based on the results of the research that has been carried out, it can beconcluded that the test results show that there is effect of mass media in improving learning outcomes. This is proven by the calculated t value = 6.090 > t table value = 2.00172 while the significance value is 0.000 < 0.005. Thus, H0 is totaled and Ha is accepted, meaning that there is a significant influence between the use of mass media on learning outcomes. Keywords: Mass Media, Effect, Learning Results

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:11
Last Modified: 01 Jul 2024 09:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33730

Actions (login required)

View Item View Item