ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT PADA PRODUK PEMBIAYAAN PROHAJJ DI BANK MUAMALAT (Studi Pada Bank Muamalat KCP Kotabumi)

Khairudin, Sukro (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT PADA PRODUK PEMBIAYAAN PROHAJJ DI BANK MUAMALAT (Studi Pada Bank Muamalat KCP Kotabumi). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Khairudin Sukro.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh penduduk Indonesia yang memeluk agama mayoritas muslim, sehingga hal ini dimanfaatkan oleh Bank Muamalat Indonesia untuk meluncurkan produk pembiayaan prohajj dengan strategi pemasaran produk tabungan haji untuk meningkatkan minat nasabah dengan melakukan promosi yang membuat masyarakat tertarik dan ingin mendaftar haji. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode triangulasi yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun beberapa sampel dengan jumlah total 14 orang yaitu 4 karyawan Bank Muamalat KCP kotabumi dan 10 nasabah pengguna produk pembiayaan prohajj. Adanya strategi produk, BMI menciptakan branding Pembiayaan Prohajj supaya mudah diingat. Serta menggunakan Qardh Bil Ujrah yaitu yang dimana salah satu pihak memberikan kuasa kepada pihak lain untuk melakukan tindakan yang diperlukan atas nama pemberi kuasa dan atas kuasa itulah penerima jasa menerima ujrah atau upah. Adanya strategi harga, dengan biaya membayar ujrah sebesar Rp 1.000.000,- untuk melaksanakan pembiayaan tersebut dan Rp 50.000,- dalam membuka rekening tabungan untuk nasabah yang belum memiliki tabungan sangat terjangkau. Adanya strategi tempat/distribusi, dengan mendatangi nasabah, dalam hal ini pihak bank menerapkan sistem jemput bola. Promosi lewat media brosur-brosur/iklan-iklan yang menarik dan agamis serta promosi lewat media website. Kata kunci : Strategi, Pemasaran, Produk, Minat, Prohajj. iv ABSTRACT This research was motivated by the Indonesian population who embraced the majority Muslim religion, so this was used by Bank Muamalat Indonesia to launch a prohajj financing product with a marketing strategy for Hajj savings products to increase customer interest by conducting promotions that make people interested and want to register for Hajj. This type of research is a qualitative descriptive field research. Data collection is carried out by triangulation method, namely observation, interview and documentation. There are several samples with a total of 14 people, namely 4 employees of Bank Muamalat KCP Kotabumi and 10 customers who use prohajj financing products. With a product strategy, BMI creates Prohajj Financing branding so that it is easy to remember. As well as using Qardh Bil Ujrah, which is where one party gives power to the other party to perform the necessary actions on behalf of the authorizer and on that power of attorney recipients receive ujrah or wages. There is a pricing strategy, with the cost of paying ujrah of IDR 1,000,000,- to carry out the financing and IDR 50,000,- in opening a savings account for customers who do not have savings is very affordable. There is a place/distribution strategy, by visiting customers, in this case the bank implements a ball pickup system. Promotion through attractive and religious brochures / advertisements and promotion through website media. Keywords: Strategy, Marketing, Product, Interest, Prohajj.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Jul 2024 06:46
Last Modified: 01 Jul 2024 08:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33729

Actions (login required)

View Item View Item