PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 01 KALI AWI

Nurliyati, Sarnubi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 01 KALI AWI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL NURLIYATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada permasalahan yang peneliti temukan di sekolah yaitu proses pembelajaran yang berlangsung selama ini masih kurangnya inovasi dan memberikan kesempatan untuk peserta didik aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Probing Promting Learning terhadap hasil bealajar pada peserta didik kelas IV SDN 01 Kali Awi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah model pembelajaran Probing Promting Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas IV SDN 01 Kali Awi?” Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasy Eksperimen Design. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pretest-Postest Control Group Design. Populasi sampel kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas IVA yang berjumlah 21 peserta didik, sedangkan kelas yang terpilih sebagai kelas kontrol adalah kelas IVB dengan jumlah 21 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik Purposive Sampling. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan instrument penilaian berupa tes dengan soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa ada pengaruh hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran Probing Promting Learning kelas IV SDN 01 Kali Awi dari pada pembelajaran konvensional Kesimpulannya, ada pengaruh model pembelajaran Probing Promting Learning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 01 Kali Awi. Kata Kunci : Model Pembelajaran Probing Promting Learning, Hasil Belajar, IPS. iii ABSTRACT This research was conducted based on the problems that researchers found in schools, namely that the learning process that has been going on so far still lacks innovation and provides opportunities for students to be active in the learning process. The aim of this research is to determine the effect of the Probing Prompting Learning learning model on learning outcomes for class IV students at SDN 01 Kali Awi. The problem formulation in this research is "Does the Probing Prompting Learning learning model influence the social studies learning outcomes of class IV students at SDN 01 Kali Awi?" This research is a quantitative research type of Quasy Experiment Design. This research uses test data collection techniques, observation, interviews and documentation. The design used in this research is Pretest-Posttest Control Group Design. The sample population for the experimental class in this research was class IVA, with a total of 21 students, while the class selected as the control class was class IVB with a total of 21 students. The sampling technique used was the Purposive Sampling technique. In this research, researchers used an assessment instrument in the form of a test with multiple choice questions. The data analysis techniques used are: normality test, homogeneity test, and hypothesis test. The results of the research that has been carried out show that there is an influence on social studies learning outcomes using the Probing Prompting Learning learning model for class IV SDN 01 Kali Awi compared to conventional learning. In conclusion, there is an influence of the Probing Prompting Learning learning model on the social studies learning outcomes of class IV students at SDN 01 Kali Awi. Keywords: Probing Prompting Learning Model, Learning Outcomes, Social Sciences.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jun 2024 07:04
Last Modified: 27 Jun 2024 10:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33708

Actions (login required)

View Item View Item