PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM GANGGUAN JARINGAN INTERNET PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF (Studi pada Pengguna Internet Kelurahan Sukabumi Indah Bandar Lampung)

Rizka, Amalia Az-Zahra (2024) PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM GANGGUAN JARINGAN INTERNET PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF (Studi pada Pengguna Internet Kelurahan Sukabumi Indah Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 5, DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI Rizka Amalia Az-Zahra.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan di zaman ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan hubungan hukum antara produsen dan konsumen, karena adanya prinsip perlindungan konsumen dapat menjadi acuan dalam menjamin hak-hak konsumen. Penyedia jasa Internet merupakan perusahaan yang bergulir di industri informasi serta penyedia jasa jaringan telekomunikasi di Indonesia. Layanan Internet tersebut tidak terlepas dengan adanya hambatan atau gangguan kerusakan pada jaringan Internet yang dialami oleh pelanggannya, sehingga konsumen merasa dirugikan karena tidak mendapatkan jasa Internet yang sesuai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perlindungan konsumen dalam gangguan jaringan Internet pada pengguna Internet Kelurahan Sukabumi Indah Bandar Lampung dan bagaimana pandangan hukum Islam dan hukum positif terhadap perlindungan konsumen dalam gangguan jaringan Internet pada pengguna Internet Kelurahan Sukabumi Indah Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perlindungan konsumen dalam gangguan jaringan Internet pada pengguna Internet Kelurahan Sukabumi Indah Bandar Lampung dan untuk mengetahui pandangan hukum Islam dan hukum positif terhadap perlindungan konsumen dalam gangguan jaringan Internet pada pengguna Internet Kelurahan Sukabumi Indah Bandar Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitian ini yaitu deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan adalah jenis data primer dan data skunder. Metode pengumpulan data meliputi, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode pengolahan data yaitu, editing, klasifikasi dan sistematis data, kemudian data analisis dengan metode kualitatif dengan pendekatan berfikir secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik sebuah kesimpulan, pertama, pelaksanaan perlindungan konsumen yang diberikan oleh penyedia jasa Internet kepada pengguna Internet Kelurahan Sukabumi Indah Bandar Lampung yaitu menindak lanjuti laporan pelanggan jika sambungan layanan jaringan Internet di alamat pelanggan mengalami gangguan atau kerusakan. Kedua, menurut analisis hukum Islam, perlindungan konsumen dalam gangguan jaringan Internet ini telah sesuai dengan rukun dan syarat akad Ijārah (sewa menyewa). Dan menurut hukum positif pelaksanaan perlindungan konsumen yang diberikan oleh penyedia jasa Internet sudah sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan dan sudah tertulis di kontrak berlangganan, serta telah sesuai dengan Undang-undang No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:46
Last Modified: 27 Jun 2024 03:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33704

Actions (login required)

View Item View Item