PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 02 SIDOWALUYO LAMPUNG SELATAN

KONITATUN, ISTIKHOMAH (2024) PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 02 SIDOWALUYO LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK KONITATUN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh Konitatun Istikhomah Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama terhadap keterampilan sosial kelas V di SD N 02 Sidowaluyo Lampung Selatan. Metode penelitian secara spesifik dengan menggunakan pendekatan kauntitatif dan jenis penelitian Quasi Experiment dengan desain yakni Posttest Only Control Design. Sampel yang digunakan yakni kelas VA sebagai kelas eksperimen berjumlah 21 peserta didik, dan kelas VB sebagai kelas kontrol berjumlah 20 peserta didik, instrumen Posttest yang digunakan yakni angket keterampilan sosial yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas, serta data Posttest dari kedua kelas akan dilakukan uji prasyarat analisis dan pembuktian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan uji-t (independent sample t-test) yang telah dianalisis menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) < α yaitu 0.000 < 0.05 ini berarti pada taraf signifikan α= 0.05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, maka keterampilan sosial dengan metode pembelajaran sosiodrama terdapat pengaruh terhadap keterampilan sosial dan rata-rata keterampilan sosial peserta didik pada kedua kelompok yaitu kelompok eksperimen ataupun kelompok kontrol terdapat kelas yang berbeda, antara metode pembelajaran sosiodrama dengan metode pembelajaran konvensional. Metode pembelajaran sosiodrama lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional. Kelas eksperimen dengan metode pembelajaran sosiodrama terdapat perbedaan lebih baik karena dapat dilihat dari beberapa faktor didalam kelas peserta didik ikut serta lebih aktif dalam aktivitas belajar, mandiri, melatih kemampuan membuat keadaan sosial yang lebih nyata dalm kehidupan sehari-hari. Pembelajaran sosiodrama menumbuhkan kebersamaan, kekompakaan, dan rasa peka terhadap drama yang dijalani, sehingga suasana pembelajaran lebih efektif. Kata Kunci : Metode Sosiodrama, Keterampilan Sosial iii ABSTRACT By Konitatun Istikhomah The aim of this research is to determine the effect of the sociodrama method on the social skills of class V at SD N 02 Sidowaluyo South Lampung. The research method specifically uses a quantitative approach and a Quasi Experiment type of research with a design namely Posttest Only Control Design. The sample used is class VA as an experimental class with a total of 21 students, and class VB as a control class with a total of 20 students. The posttest instrument used is a social skills questionnaire which has been tested for validity and reliability, and the posttest data from both classes will be tested. prerequisites for analysis and hypothesis verification. The results of the research show that the calculation of the t-test (independent sample t-test) which has been analyzed shows that the sig (2-tailed) value < α, namely 0.000 < 0.05, this means that at the significant level α = 0.05 so that H0 is rejected and H1 is accepted, then the skill social skills with the sociodrama learning method have an influence on social skills and the average social skills of students in both groups, namely the experimental group and the control group, there are different classes, between the sociodrama learning method and conventional learning methods. The sociodrama learning method is more effective than conventional learning models. The experimental class with the sociodrama learning method has a better difference because it can be seen from several factors in the class that students participate more actively in learning activities, are independent, train their ability to create more real social situations in everyday life. Sociodrama learning fosters togetherness, cohesiveness, and a sense of sensitivity to the drama being experienced, so that the learning atmosphere is more effective. Keywords: Sociodrama Method, Social Skills

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jun 2024 08:02
Last Modified: 26 Jun 2024 09:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33694

Actions (login required)

View Item View Item