PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PELAJARAN IPA DI SD NEGERI 2 MARGA AGUNG LAMPUNG SELATAN

Wardah, Farhanah (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PELAJARAN IPA DI SD NEGERI 2 MARGA AGUNG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI WARDAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran time token berbantuan video animasi untuk melatih dan mengembangkan keterampilan sosial agar peserta didik tidak mendominasi pembicaraan atau diam sama sekali pada peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Marga Agung Lampung Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi eksperimen design. Teknik pengumpulan sampel menggunakan Purposive dari populasi seluruh kelas V di SD Negeri 2 Marga Agung Lampung Selatan, didapatkan sampel yaitu kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Desain penelitian menggunakan Nonequivalent control group sehingga data yang dikumpulkan dua kali di awal (nilai uts) dan di akhir (post test). Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal pilihan ganda (multiple choice) berjumlah 20 pernyataan yang telah diuji melalui uji validitas dan reliabilitas, sehingga layak digunakan sebagai alat ukur penelitian. Teknik analisis data menggunakan program spss statistics 26. Dan menggunakan Uji-t independen. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa model pembelajaran time token berbantuan video animasi dalam perhitungan Uji-t independen di dapatkan nilai sig 0,000 maka jika nilai sig ≤ 0,05 pada sig (2-tailed) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa model pembelajaran time token berbantuan video animasi berpengaruh terhadap hasil belajar pada peserta didik kelas V di SD Negri 2 Marga Agung Lampung Selatan. Kata Kunci : Metode Time Token, Hasil Belajar. iv ABSTRACT This research aims to determine the effect of the time token learning model assisted by animated videos to train and develop social skills so that students do not dominate conversations or remain completely silent in class V students at SD Negeri 2 Marga Agung, South Lampung. This research is quantitative research using a quasi�experimental design method. The sample collection technique used purposive from the entire population of class V at SD Negeri 2 Marga Agung Lampung Selatan. The sample obtained was class VB as the experimental class and class VA as the control class. The research design used a nonequivalent control group so that data was collected twice at the beginning (UTS scores) and at the end (post test). The research instrument used is in the form of multiple choice questions totaling 20 statements which have been tested through validity and reliability tests, so they are suitable for use as research measuring tools. The data analysis technique uses the spss statistics 26 program. And uses the independent t-test. The results of the hypothesis test show that the time token learning model assisted by animated videos in the independent t-test calculations obtained a sig value of 0.000, so if the sig value ≤ 0.05 in sig (2-tailed) then H0 is rejected and H1 is accepted. This research obtained results that the time token learning model assisted by animated videos had an effect on learning outcomes for class V students at SD Negri 2 Marga Agung South Lampung. Keywords: Time Token Method, Learning Results.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jun 2024 03:47
Last Modified: 26 Jun 2024 05:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33686

Actions (login required)

View Item View Item