PERAN DINAS SOSIAL DALAM IMPLEMENTASI PASAL 36 PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 43 TAHUN 2004 TENTANG BANTUAN SOSIAL LANJUT USIA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH TANFIDZIYAH (Studi Pada Dinas Sosial Kabupaten Lampung Barat)

YELA, AFRILIANA (2024) PERAN DINAS SOSIAL DALAM IMPLEMENTASI PASAL 36 PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 43 TAHUN 2004 TENTANG BANTUAN SOSIAL LANJUT USIA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH TANFIDZIYAH (Studi Pada Dinas Sosial Kabupaten Lampung Barat). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK YELA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Bantuan sosial adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar lanjut usia dapat meningkatkan taraf kesejahteraan sosialnya. Salah satu upaya peningkatan kesejahteraan sosial lanjut usia adalah dengan pemberian bantuan sosial kepada para lansia. Dinas Sosial Kabupaten Lampung Barat, telah menjalankan program pemberian bantuan sosial kepada lanjut usia seperti memberikan fasilitas sarana untuk membantu mereka dalam beraktivitas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran Dinas Sosial dalam implementasi pasal 36 Peraturan Pemerintah nomor 43 tahun 2004 tentang bantuan sosial lanjut usia? Bagaimana peran Dinas Sosial dalam implementasi pasal 36 Peraturan Pemerintah nomor 43 tahun 2004 tentang bantuan sosial lanjut usia perspektif fiqh siyasah tanfidziyah? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran Dinas Sosial dalam implementasi pasal 36 Peraturan Pemerintah nomor 43 tahun 2004 tentang bantuan sosial lanjut usia dan untuk mengetahui peran Dinas Sosial dalam implementasi pasal 36 Peraturan Pemerintah nomor 43 tahun 2004 tentang bantuan sosial lanjut usia perspektif fiqh siyasah tanfidziyah. Penelitian ini menggunakan penelitian studi lapangan (field research. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan informan yang mengetahui persoalan dalam penelitian dan dokumentasi, serta data sekunder dengan melalui studi kepustakaan yang meliputi buku, peraturan, makalah, dokumen, penelitian sebelumnya dan lain-lain. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dinas Sosial Kabupaten Lampung Barat telah melaksanakan program pemberian bantuan sosial kepada kelompok lanjut usia sesuai dengan pasal 36 Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2004 tentang Bantuan Sosial. Tinjauan fiqh siyasah tanfidziyah terhadap Peran Dinas Sosial Kabupaten Lampung Barat, yakni sudah menjalankan amanah dengan baik. Dinas Sosial Kabupaten Lampung Barat menjalankan program dengan memberikan bantuan berupa kursi roda, sembako, alat dengar, hingga kacamata untuk lanjut usia. Namun pada hasil penelitian, masih ditemukan ketidakmerataan pemberian bantuan sosial kepada kelompok lanjut usia. Faktor utama yang menjadi kendala Dinas Sosial Kabupaten Lampung Barat dalam menjalankan program yaitu masih terdapat kelompok lanjut usia yang tidak terdata untuk mendapatkan bantuan sosial dikarenakan adanya lanjut usia yang tidak potensial untuk hadir dalam pendataan sehingga dalam implementasinya masih belum optimal. Kata kunci : Fiqh Siyasah, Bantuan Sosial, Peraturan Pemerintah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:33
Last Modified: 25 Jun 2024 03:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33664

Actions (login required)

View Item View Item