IMPLEMENTASI PASAL 25 PERATURAN DAERAH PROVINSI LAMPUNG NOMOR 12 TAHUN 2014 TENTANG OPTIMALISASI PEMANFAATAN SUMBER DAYA KELAUTAN DAN PERIKANAN (Studi Di Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Lampung

Muhammad, Gufron Juniansyah (2024) IMPLEMENTASI PASAL 25 PERATURAN DAERAH PROVINSI LAMPUNG NOMOR 12 TAHUN 2014 TENTANG OPTIMALISASI PEMANFAATAN SUMBER DAYA KELAUTAN DAN PERIKANAN (Studi Di Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Lampung. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK M GUFRON JUNIANSYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Letak Provinsi Lampung yang strategis membawa pengaruh yang cukup besar bagi kehidupan masyarakat Lampung salah satunya di Pulau Pasaran. Pulau yang terletak di wilayah Kelurahan Kota Karang, Kecamatan Teluk Betung Timur, Kota Bandar Lampung ini memiliki banyak potensi yang harus dilestarikan untuk kelangsungan budidaya perikanan laut. Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 12 Tahun 2014 Tentang Optimalisasi Pemanfaatan Sumber Daya Kelautan diciptakan guna untuk memberikan ruang pengaturan oleh Pemerintah Provinsi Lampung melalui pemanfaatan secara bijaksana, bertanggung jawab, adil, partisipatif, dan berkelanjutan terhadap sumberdaya kelautan dan perikanan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat yang sebesar-besarnya, percepatan pembangunan daerah, dan kelangsungan makhluk hidup lainnya. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana penulis melakukan penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan mencari data melalui survei langsung ke lapangan sehingga penulis bisa secara langsung melakukan observasi. Sifat penelitian ini adalah deskriptif analisi karena dianggap sesuai untuk pencarian suatu pemecahan masalah. Sumber data diperoleh secara primer, melalui wawancara dan observasi yang langsung dikumpulkan oleh peneliti yang bersumber pada pertanyaan (interview) terhadap responden. Dan data sekunder yang berbentuk dokumen-dokumen resmi, peraturan daerah, undang-undang, jurnal ilmiah, skripsi dan buku-buku yang membahas tentang penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pasal 25 Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 12 Tahun 2014 Tentang Optimalisasi Pemanfaatan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan di Pulau Pasaran oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung sudah terlaksana dengan baik dengan adanya kegiatan pembinaan, penyuluhan maupun sosialisasi yang dilakukan pada masyarakat yang tergabung dalam sektor perikanan di Pulau Pasaran dan Perspektif Fiqh Siyasah Terhadap Implementasi Pasal 25 Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 12 Tahun 2014 Tentang Optimalisasi Pemanfaatan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan di Pulau Pasaran sudah sejalan dengan kaidah Fiqh Siyasah dimana kebijakan yang dilaksanakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung dapat mendatangkan kemaslahatan bagi banyak orang, sehingga konsep dan aturan yang berlaku sesuai dengan Fiqh Siyasah Tanfidziyah dan norma-norma hukum Islam. Kata kunci : Pulau Pasaran, Fiqh Siyasah, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:25
Last Modified: 25 Jun 2024 03:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33663

Actions (login required)

View Item View Item