PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK KELAS X1 DAN X2 DI MAN 1 BANDAR LAMPUNG

Erdy, Anggara (2024) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK KELAS X1 DAN X2 DI MAN 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ERDY ANGGARA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Peran guru aqidah akhlak bermakna besar dalam mencapai keberhasilan dalam pembinaan akhlakul karimah. Tugas utama guru aqidah akhlak yaitu menciptakan peserta didik yang berlandaskan nilai-nilai islam yang ditandai dengan berperilaku baik, serta taat pada agama. Dalam konteks pendidikan Islam, guru aqidah akhlak memiliki peran penting dalam mengajak peserta didik untuk mematuhi perintah dan menjauhi larangan Allah SWT. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat mencapai keselamatan baik di dunia maupun di akhirat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru aqidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah pada diri peserta didik di MAN 1 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang didapat dari hasil wawancara kepada guru aqidah akhlak di MAN 1 Bandar Lampung. Data kualitatif didapat dari hasil dokumentasi seperti visi misi, data jumlah guru, tenaga kependidikan, jumlah peserta didik dan data ekstrakurikuler. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer, yakni guru aqidah akhlak. Data sekunder, yakni dokumentasi dan literature. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah guru akidah akhlak. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru aqidah akhlak mempunyai peran dalam menanamkan akhlak yang mulia dalam diri peserta didik, terutama dalam hal kedisiplinan dan taat beribadah, dimana dipagi hari seluruh peserta didik di MAN 1 Bandar Lampung sebelum memulai pembelajaran dilaksanakannya terlebih dahulu membaca al-qur’an secara bersama-sama, setiap hari nya juga peserta didik melaksanakan shalat zuhur dan ashar secara berjamaah di sekolah. Peran yang dilakukan oleh guru aqidah akhlak yang pertama ialah sebagai sosok teladan (contoh), peran yang kedua ialah sebagai sosok pembimbing, dan peran yang terakhir ialah peran sebagai motivator. Kata Kunci: Peran Guru, Aqidah Akhlak, Akhlakul Karimah iv ABSTRACT The role of the aqidah akhlak teacher has a big meaning in achieving success in developing akhlakul karimah. The main task of the aqidah akhlak teacher is to create students who are based on Islamic values which are characterized by good behavior and obedience to religion. In the context of Islamic education, moral aqidah teachers have an important role in inviting students to obey commands and stay away from Allah SWT's prohibitions. The goal is so that students can achieve safety both in this world and in the afterlife. This research aims to describe the role of moral aqidah teachers in instilling akhlakul karimah values in students at MAN 1 Bandar Lampung. This research is descriptive qualitative research. The type of data in this research is qualitative data obtained from interviews with moral aqidah teachers at MAN 1 Bandar Lampung. Qualitative data is obtained from documentation such as vision and mission, data on the number of teachers, education staff, number of students and extracurricular data. Data sources in this research include primary data, namely teachers of moral beliefs. Secondary data, namely documentation and literature. The informants in this research were teachers of moral beliefs. Data collection using observation, interview and documentation techniques. Data analysis by reducing data, presenting data and drawing conclusions. The results of the research show that the role of the aqidah akhlak teacher has a role in instilling good morals in students, especially in terms of discipline and obedience to worship, where in the morning all students at MAN 1 Bandar Lampung before starting learning, first read the Koran. And together, every day students also perform midday and Asr prayers in congregation at school. The first role played by akidah akhlak teacher beliefs is as a role model (example), the second role is as a mentor, and the last role is as a motivator. Keywords: The Role of The Teacher, Aqidah Akhlak, Akhlakul Karimah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jun 2024 03:07
Last Modified: 24 Jun 2024 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33653

Actions (login required)

View Item View Item