PENGARUH PROMOSI 7P MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH PADA PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada PT BPRS Lampung Barat Perseroda)

Ani, Sapitri (2024) PENGARUH PROMOSI 7P MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH PADA PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada PT BPRS Lampung Barat Perseroda). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANI SAPITRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Promosi berperan untuk membentuk, mengembangkan dan mengarahkan pertukaran yang saling menguntungkan dalam jangka panjang antara produsen dan konsumen. Namun dalam praktiknya penerapan promosi yang menggunakan strategi 7P Marketing mix yang dijalankan oleh BPRS Lampung Barat Perseroda masih mengalami sebuah permasalahan yang dirasakan oleh nasabah seperti nasabah yang menunggu lama terhadap pelayanan yang di berikan oleh pegawai dalam pendataan atau administrasi pembiyaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Pengaruh Strategi Promosi 7p Marketing Mix Terhadap Keputusan Nasabah Pada Produk Pembiayaan Murabahah Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala linkert dan sampel sebanyak 88 responden nasabah BPRS Lampung Barat Perseroda tahun 2020 hingga 2022, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis linear berganda, uji t dan uji F serta koefisien determinasi. Berdasarkan analisis data hasil penelitianmenunjukkan bahwa indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid danreliabel. Pada uji asumsi klasik data berdistribusi normal, tidak terjadi heteroskedastisitas dan multi kolinearitas. Pada uji hipotesis Promosi (Promotion) dengan nilai t hitung sebesar 1,105, Harga (Price) dengan nilai t hitung sebesar 0,645, Orang (People) dengan nilai t hitung sebesar -1,066 dan Lokasi (Place) dengan nilai t hitung sebesar -1,675 dengan ini keempatnya memiliki hasil tidak berpengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah. Kemudian pada uji hipotesis Produk (Product) dengan nilai t hitung sebesar 3,480, Proses (Process) dengan nilai t hitung sebesar 2,349 dan, Bukti fisik (Physical evidence) dengan nilai t hitung sebesar 2,4,13 dengan hasil tersebut ketiganya mamiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah. Dengan demikian penelitian tersebut dapat dinyatakan 57,4% nasabah puas terhadap strategi promosi menggunakan 7P Marketing mixyang dijalankan oleh BPRS Lampung Barat Perseroda. Kata kunci: Promosi (Promotion), Produk (Product), Harga (Price), Lokasi (Place), Orang (People), Proses (Process) dan Bukti fisik (Physical evidence). iv ABSTRACT Promotion participates to shape, develop and direct long-term mutually beneficial exchanges between producers and consumers. However, in practice, the implementation of promotions using the 7P Marketing mix strategy carried out by BPRS Persero West Lampung still experiences problems felt by customer s, such as customers who wait a long time for services provided by employees in data collection or financing administration. This research aims to determine the influence of the 7p Marketing Mix Promotion Strategy on Customer Decisions on Murabahah Financing Products in an Islamic Economic Perspective. The type of research used is quantitative research with data collection techniques using a Linkert scale questionnaire and a sample of 88 respondents from BPRS West Lampung Perseroda customers from 2020 to 2022, the sampling technique used was purposive sampling. Data testing techniques used in this research include validity test, reliability test, classical assumption test, multiple linear analysis, t test and F test and coefficient of determination. Based on data analysis, the research results show that the indicators in this research are valid and reliable. In the classical assumption test, the data is normally distributed, heteroscedasticity and multicollinearity do not occur. In the Promotion hypothesis test with a calculated t value of 1.105, Price with a calculated t value of 0.645, People with a calculated t value of -1.066 and Location with a calculated t value of -1.675 with this All four results have no significant effect on customer decisions. Then in the hypothesis test, Product (Product) with a t-count value of 3.480, Process (Process) with a t-count value of 2.349 and, Physical evidence (Physical evidence) with a t-count value of 2,4,13 with the results of all three having a positive and significant influence on the decision customers. Thus, this research can state that 57.4% of customers are satisfied with the promotional strategy using the 7P Marketing mix implemented by BPRS West Lampung Perseroda. Keywords: Promotion, Product, Price, Place, People, Process and Physical Evidence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jun 2024 08:03
Last Modified: 21 Jun 2024 08:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33651

Actions (login required)

View Item View Item