PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG

AINI, ISTIGH FARIZA (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI AINI ISTIGH FARIZA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Media audio visual merupakan salah satu jenis media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Media audio visual juga dapat meningkatkan keaktifan dan minat belajar peserta didik. Dalam kaitannya dengan usaha meningkatkan minat belajar siswa, maka peranan guru sangat menentukan, yang berarti bahwa proses peningkatan minat belajar yang dimiliki siswa sangat tergantung dari usaha yang dilakukan oleh guru di sekolah. Berdasarkan hasil pra penelitian di SMA Gajah Mada Bandar Lampung dapat diamati beberapa fenomena bahwa guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan proses belajar mengajar hanya menggunakan media konvensional, penggunaan media jarang digunakan oleh pendidik, sehingga kurang maksimal saat menyampaikan materi pembelajaran. Selain itu penjelasan pendidik yang bersifat lisan menyebabkan siswa semakin tidak mengerti akan materi pelajaran dan sering kali mengakibatkan kebosanan siswa, sehingga minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI tergolong rendah. Serta kurangnya kreativitas pendidik untuk membuat media pembelajaran khususnya media audio visual dalam proses penyampaian materi pelajaran PAI di dalam kelas. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti memberikan solusi penggunaan media audio visual dalam membantu meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimental menggunakan Posttest Only Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak menggunakan teknik sampling, yaitu Simpel Random Sampling. Sehingga diperoleh kelas X.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket minat belajar. Sebelum melakukan penelitian, instrumen tersebut telah diujicobakan terlebih dahulu dan dilakukan uji instrumen berupa uji validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan Independent t-test (Uji-t) dengan menggunakan SPSS versi 26.0 for windows. Berdasarkan pengujian data hasil analisis normalitas dan homogenitas diperoleh sampel tersebut berdistribusi normal dan homogen atau varians sama. Pengujian hipotesis menggunakan Independent t-test (Uji-t) dengan taraf signifikan 5% (a = 0,05), yakni diperoleh p-value < a (0,00 < 0,05) dan didapatkan thitung = 11,845 dan iii ttabel = 1,99897 sehingga diperoleh thitung > ttabel (11,845 > 1,99897) yang menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari media audio visual terhadap minat belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Kata Kunci : Media Audio Visual, Minat Belajar iv ABSTRACT Audio visual media is one type of learning media used in the learning process. Audio visual media can also increase students' activeness and interest in learning. In relation to efforts to increase students' interest in learning, the role of the teacher is very decisive, which means that the process of increasing students' interest in learning is very dependent on the efforts made by teachers at the madrasah. Based on the results of pre-research at Gajah Mada High School Bandar Lampung, several phenomena can be observed that teachers of Islamic Religious Education subjects in carrying out the teaching and learning process only use conventional media, the use of media is rarely used by educators, so that they are less than optimal when delivering learning material. Apart from that, educators' oral explanations cause students to increasingly not understand the subject matter and often result in student boredom, so that students' interest in learning in PAI subjects is relatively low. As well as the lack of creativity of educators to create learning media, especially audio�visual media, in the process of delivering PAI lesson material in the classroom. Based on these problems, researchers provide a solution for using audio-visual media to help increase students' interest in learning PAI. This research uses a Quasi Experimental type of research using Posttest Only Group Design. The population of this study was all class X students at SMA Gajah Mada Bandar Lampung. The samples used were two classes selected randomly using a sampling technique, namely Simple Random Sampling. So we get class X.5 as the experimental class and class X.1 as the control class. The data collection technique used was a questionnaire/interest in learning questionnaire. Before conducting the research, the instrument was tested first and the instrument was tested in the form of a validity and reliability test. Hypothesis testing uses Independent t-test (T-Test) using SPSS version 26.0 for Windows. Based on testing the data from normality and homogeneity analysis, it was found that the sample had a normal and homogeneous distribution or had the same variance. Hypothesis testing uses an independent t-test (t-test) with a significance level of 5% (a = 0.05), namely obtained p-value < a (0.00 < 0.05) and obtained tcount = 11.845 and ttable = 1 .99897 so that we get tcount > ttable (11.845 > 1.99897) which states that H0 is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that there is a significant influence of audio-visual media v on class X students' interest in learning in Islamic Religious Education subjects at Gajah Mada High School Bandar Lampung. Keywords: Audio Visual Media, Interest in Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jun 2024 07:03
Last Modified: 21 Jun 2024 08:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33650

Actions (login required)

View Item View Item