STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MEMBINA KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI DESA LABUHAN DALAM KECAMATAN TANJUNG SENENG KOTA BANDAR LAMPUNG

RENALDI, FERYANDO (2024) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MEMBINA KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI DESA LABUHAN DALAM KECAMATAN TANJUNG SENENG KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Bab 1,2 & Dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Renaldi FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi komunikasi yang efektif untuk membangun pemahaman bersama, saling menghormati, dan memperkuat toleransi menjadi sangat diperlukan dalam upaya menjaga kerukunan umat beragama di Desa Labuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi serta factor pendukung dan penghambat dalam membina kerukunan umat beragama antara Islam dan Hindu di Desa Labuhan Dalam Kecamatan Tanjung Seneng Kota Bandar Lampung. Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.jenis penelitian merupakan penelitian field research yaitu penelitian lapangan. Sifat penelitian deskriptif kualitati. Teknik Pengumpulan Data dalam penelitian yaitu melalui , wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan yaitu Miles&Huberman melalui,reduksi data penyajian data serta penrikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi yang dilakukan tokoh agama sudah baik hal ini terlihat dari terpenuhinya Strategi komunikasi yang dilakukan tokoh agama sudah baik hal ini terlihat dari terpenuhinya mengenai strategi komunikasi efektif yakni mengenal khalayak, Pengetahuan khalayak mengenai pokok permasalahan, menentukan tujuan yang dapat merubah sikap, menentukan metode dalam pendekatan, menentukan komunikator yang handal dalam hal ini adalah tokoh agama dalam setiap agama. Hal ini telah tercapai dalam membina kerukunan umat beragama di Desa Labuhan Dalam Kecamatan Tanjung Seneng Kota Bandar Lampung sehingga bentuk interaksi sosial yang meliputi: komukasi yang baik antar sesama umat Islam maupun umat Hindu, saling berdiskusi mengenai kehidupan sehari-hari atau diskusi tentang pekerjaan dan saling mengajak untuk berbuat baik kepada sesama, selalu sopan dan saling menghargai ketika berinteraksi antar sesama dan sering mengadakan silaturahmmi kepada kerabat terdekatnya untuk menjunjung tinggi rasa toleransi terhadap penganut beragama. Faktor-faktor pendukung terjadinya kerukunan umat beragama antara masyarakat Islam dan Hindu Desa Labuhan Dalam Kecamatan Tanjung Senang Kota Bandar Lampung adalah masyarakat menyadari bahwa kerukunan tidak terwujud tanpa kesadaran individu dari umat Islam dan Hindu di lingkungan Labuhan Dalam. Kemudian adanya keyakinan yang kuat dari masyarakat dalam beragama sehingga dalam berinteraksi masyarakat saling menghargai dan menghormati sesama pemeluk beragama, adanya sikap toleransi terhadap penganut beragama dalam menjalankan ibadahnya masing-masing. Kata kunci ; Strategi komunikasi Efektif, Kerukunan antar umat beragama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jun 2024 02:54
Last Modified: 21 Jun 2024 02:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33644

Actions (login required)

View Item View Item