MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG

Sela, Anggreani (2024) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Sela Anggreani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen pengembangan kurikulum merupakan proses perencanaan kurikulum untuk menghasilkan kurikulum yang luas dan spesifik. Hal ini menyebabkan keberadaan kurikulum menjadi sangat vital dibandingkan dengan komponen-komponen pendidikan lainnya. Kurikulum adalah energi untuk keberhasilan tiap-tiap komponen pendidikan, namun tidak semua lembaga pendidikan bisa merencanakan, mengorganisir, melaksanakan dan mengevaluasi kurikulum ini dengan baik, maka perlu strategi untuk mencapai pendidikan yang efektif dan efesien. Strategi tersebut merupakan pendayagunaan sumberdaya yang ada dalam sistem pendidikan. Proses manajemen Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 12 Bandar Lampung bertujuan untuk mengetahui proses atau mekanisme pengembangan kurikulum PAI yang digunakan di SMP Negeri 12 Bandar Lampung, mengetahui jenis atau pola organisasi kurikulum yang digunakan dan pelaksanaan serta evaluasi dalam penegembangan kurikulum yang sesuai dengan visi misi sekolah yaitu peserta didik tidak hanya dituntuk untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi tetapi juga sekolah selalu berusaha untuk membentuk peserta didik menjadi insan yang bertaqwa. Penelitian ini digunakan metode kualitatif yang dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari pengumpulan dan merangkum data yang diperoleh dari lapangan kemudian data tersebut disajikan dan diberi kesimpulan. Hasil analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan manejemen pengembangan kurikulum PAI di SMP Negeri 12 Bandar Lampung sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip dan pola pikir manajemen atau berdasarkan proses manajemen sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen dalam pengembangan kurikulum mulai dari perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan evaluasiatau pengawasan (controlling) dan terealisasinya misi sekolah yang mengedepankan ilmu pengetahuan dan teknologi serta agama. Kata Kunci: Manajemen, Pengembangan Kurikulum, dan Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. ABSTRACT Curriculum development management is a curriculum planning process to produce a broad and specific curriculum. This causes the existence of the curriculum to be very vital compared to other educational components. The curriculum is the energy for the success of each component of education, but not all educational institutions can plan, organize, implement and evaluate this curriculum well, so strategies are needed to achieve effective and efficient education. This strategy is the utilization of existing resources in the education system. The management process for developing the Islamic Religious Education curriculum at SMP Negeri 12 Bandar Lampung aims to find out the process or mechanism for developing the PAI curriculum used at SMP Negeri 12 Bandar Lampung, knowing the type or organizational pattern of the curriculum used and the implementation and evaluation in developing the curriculum in accordance with the vision. The school's mission is that students are not only required to master science and technology but also the school always tries to shape students into pious people. This research used a qualitative method which was carried out with the aim of producing descriptive data in the form of written or spoken words from people and observed behavior. Data collection methods use observation, interviews and documentation. Data analysis starts from collecting and summarizing data obtained from the field, then the data is presented and conclusions are given. The results of the data analysis carried out can be concluded that the implementation of PAI curriculum development management at SMP Negeri 12 Bandar Lampung has gone well and is in accordance with management principles and mindset or based on management processes in accordance with management functions in curriculum development starting from planning , organizing, implementing and evaluating or supervising and realizing the school's mission which prioritizes science and technology as well as religion. Keywords : Management, Curriculum Development, and Management of Islamic Religious Education Curriculum Development.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jun 2024 05:06
Last Modified: 20 Jun 2024 05:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33635

Actions (login required)

View Item View Item