BIMBINGAN INDIVIDU UNTUK MENANGANI SISWA BERMASALAH DI SMA N 1 ANAK TUHA LAMPUNG TENGAH

FUTRI, KUMALA DEWI (2024) BIMBINGAN INDIVIDU UNTUK MENANGANI SISWA BERMASALAH DI SMA N 1 ANAK TUHA LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Remaja seringkali mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas perkembangannya sebagai remaja. Kesulitan tersebut terjadi karena remaja sendiri belum sepenuhnya menyadari berbagai perubahan yang terjadi pada dirinya, serta perubahan yang menyangkut aspek sosial dan psikologis. Melihat fenomena tersebut, maka perlu diberikan metode bimbingan yang tepat bagi siswa yang bermasalah. Setiap sekolah menerapkan metode bimbingan yang berbeda, akan tetapi tidak lupa menerapkan unsur religi agar pertumbuhan mental dan spiritual siswa bisa lebih baik. Jadi, menerapkan nilai-nilai agama dalam bimbingan di dunia pendidikan itu sangatlah penting, agar siswa dapat tumbuh secara sehat dan seimbang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui masalah apa yang sering terjadi pada siswa bermasalah dan bagaimana upaya menangani siswa bermasalah di SMA N 1 Anak Tuha Lampung Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian field reaserch atau penelitian lapangan sifatnya deskriptif kualitatif. Spesifikasi penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari siswa bermasalah kelas XI di SMA Negeri Anak Tuha Lampung Tengah, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku, artikel jurnal, dan hasil penelitian terdahulu yang relevan. Adapun pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitiannya yaitu: pertama, masalah siswa di SMA N 1 Anak Tuha Lampung Tengah diantaranya yaitu: bolos sekolah, bertengkar dengan teman sekelasnya, dan membawa handphone di sekolah. Kedua, upaya untuk menangani siswa bermasalah di SMA N 1 Anak Tuha Lampung Tengah dengan cara upaya preventif. Upaya preventif merupakan upaya pencegahan terhadap gejala-gejala kenakalan agar tidak meluas dan merugikan orang lain. Usaha ini merupakan usaha untuk mengubah tingkah laku pelanggaraan dengan cara menghilangkan sebab-sebab timbulnya kenakalan siswa. Adapun usaha preventif yang telah dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling yaitu dengan cara menghilangkan sebab yang menimbulkan siswa menjadi nakal, seperti telah diketahui yang menyebabkan siswa menjadi nakal dikarenakan beberapa faktor yaitu: keadaan keluarga, keadaan sekolah, dan masyarakat. Kata Kunci: Bimbingan Individu, Siswa Bermasalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jun 2024 03:54
Last Modified: 14 Jun 2024 03:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33620

Actions (login required)

View Item View Item