DUKUNGAN ORANGTUA UNTUK OPTIMALISASI POTENSI KETERAMPILAN BAHASA GIFTED CHILDREN PADA ANAK USIA DINI

NAHLA, AISYAH (2024) DUKUNGAN ORANGTUA UNTUK OPTIMALISASI POTENSI KETERAMPILAN BAHASA GIFTED CHILDREN PADA ANAK USIA DINI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,2& dapus.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi Nahla.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Anak Gifted Children memiliki potensi luar biasa dalam bidang tertentu. Salah satunya pada bidang keterampilan Bahasa. Orang tua seringkali menjadi orang pertama yang memperhatikan kekhasan anak dan membimbing mereka dalam langkah pertama untuk mengidentifikasi potensi atau profil bakat tertentu. Anak berbakat sering menunjukkan kemampuan maju dalam seni bahasa sejak dini. Dalam mengembangkan keterampilan berbahasa, anak memerlukan orang dewasa yang memberi stimulasi, baik di rumah, sekolah maupun lingkungan sekitarnya. Dukungan yang dilakukan orangtua pada gifted children di usia dini mampu mengoptimalkan potensi yang mereka miliki. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Dukungan Orangtua untuk Optimalisasi Potensi Keterampilan bahasa Gifted Children pada Anak Usia Dini. Penelitian ini menggunakan metode sistem literatur review dalam bentuk penelitian deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu terdapat 25 Jurnal International yang terindex scopus (Quartile 1-4) dan sinta 2 serta 1 buku. Dalam menganalisis peneliti menggunakan perangkat lunak NVIVO 12 Plus. Dengan hasil analisis ditemukan 11 temuan Dukungan Orangtua Untuk Optimalisasi Potensi Keterampilan Bahasa Gifted Children Pada Anak Usia Dini, Yaitu: (1) Berpengetahuan Luas, (2) Memberikan fasilitas (materil dan non-materil), (3) Identifikasi Dini, (4) Lingkungan Harmonis, (5) Meluangkan Waktu, (6) Membebaskan Anak Berekspresi, (7) Memberikan Motivasi, (8) Memilih Lembaga Pendidikan, (9) Mengenalkan Bahasa Orangtua, (10) Menstimulasi Bakat dan (11) Pembelajaran Dini.. Kata kunci: Dukungan Orangtua Anak Berbakat, Keterampilan Bahasa Anak Berbakat, Optimalisasi Potensi Anak Berbakat, Anak Berbakat. iii ABSTRACT Gifted Children have extraordinary potential in certain fields. One of them is in the area of language skills. Parents are often the first to notice a child's particularities and guide them in the first steps to identifying potential or a particular talent profile. Gifted children often demonstrate advanced abilities in language arts early on. In developing language skills, children need adults who provide stimulation both at home, school and the surrounding environment. The support provided by parents to gifted children at an early age is able to optimize their potential. So this research aims to analyze parental support for optimizing the potential of gifted children's language skills in early childhood. This research uses a literature review system method in the form of descriptive research. The data sources used in this research are 25 international journals indexed by Scopus (Quartile 1-4) and Sinta 2 and 1 book. In analyzing the researchers used NVIVO 12 Plus software. The results of the analysis found 11 findings of Parental Support for Optimizing the Potential of Gifted Children's Language Skills in Early Childhood, namely: (1) Broad Knowledge, (2) Providing facilities (material and non-material), (3) Early Identification, (4) Harmonious Environment, (5) Freeing Up Time, (6) Freeing Children to Express, (7) Providing Motivation, (8) Choosing an Educational Institution, (9) Introducing Parents' Language, (10) Stimulating Talent and (11) Early Learning. Keywords: Support From Parents Of Gifted Children, Language Skills Of Gifted Children, Optimizing The Potential Of Gifted Children, Gifted Children.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jun 2024 03:42
Last Modified: 14 Jun 2024 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33617

Actions (login required)

View Item View Item