PENGARUH MEDIA FACEBOOK DALAM PEMBELAJARAN HAKIKAT ILMU SAINS DAN METODE ILMIA TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PESERTA DIDIK

Atika, Septiana (2024) PENGARUH MEDIA FACEBOOK DALAM PEMBELAJARAN HAKIKAT ILMU SAINS DAN METODE ILMIA TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI ATIKA BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ATIKA FAUZIAH FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HAKIKAT ILMU SAINS DAN METODE ILMIAH BERBANTUAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PESERTA DIDIK Oleh Atika Septiana Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya kendala yang di alami oleh guru yaitu Guru belum menggunakan media facebook untuk kegiatan pembelajaran daring dikelas, Hasil belajar kognitif perserta didik masih rendahPelaksanaan pembelajaran ipa dikelas masih dianggap sulit oleh peserta didik. Rumusan masalah yang terdapat dalam penelitian ini yaitu Adakah Pengaruh Media Facebook Dalam Pembelajaran Hakikat Ilmu Sains Dan Metode Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Peserta Didik Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Facebook Dalam Pembelajaran Hakikat Ilmu Sains Dan Metode Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Peserta Didik kelas VII di sekolah SMPN 4 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas dan uji reabilitas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang berkenaan dengan “Pengaruh Media Facebook Dalam Pembelajaran Hakikat Ilmu Sains Dan Metode Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Peserta Didik” ada pengaruh media facebook dalam pembelajaran ilmu sains terhadap hasil belajar ranah kognitif peserta didik. Dalam melakukan perhitungan data hipotesis penulis menggunakan bantuan SPSS versi 16.0. dan uji hipotesis yang dilakukan yaitu dengan manova menunjukan hasil perhitungan nilai sig yang menunjukan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada ada pengaruh media facebook dalam pembelajaran ilmu sains terhadap hasil belajar ranah kognitif peserta didik Kata Kunci : Sains, Hasil Belajar ii ii ABSTRACT THE INFLUENCE OF LEARNING MODELS ON THE NATURE OF SCIENCE AND SCIENTIFIC METHODS ASSISTED WITH FACEBOOK AS LEARNING MEDIA ON STUDENTS' COGNITIVE LEARNING OUTCOMES By: Atika Septiana This research is motivated by the obstacles experienced by teachers, namely teachers have not used Facebook media for online learning activities in class, students' cognitive learning outcomes are still low. Implementation of science learning in class is still considered difficult by students. The formulation of the problem contained in this research is whether there is an influence of Facebook media in learning the essence of science and scientific methods on learning outcomes in the cognitive domain of students. This research was conducted with the aim of finding out the influence of Facebook media in learning the essence of science and scientific methods on learning outcomes in the cognitive domain of participants. Class VII student at SMPN 4 school in Bandar Lampung. In this research, quantitative research was used with data collection techniques, namely questionnaires, interviews and documentation. then the data analysis techniques used are validity testing and reliability testing. Based on the results of research and discussion regarding "The Influence of Facebook Media in Learning the Nature of Science and Scientific Methods on Learning Outcomes in the Cognitive Domain of Students" there is an influence of Facebook media in learning science on learning outcomes in the cognitive domain of students. It can be concluded that in calculating the hypothetical data the author used SPSS version 16.0. and the hypothesis test carried out, namely by MANOVA, shows the calculation results of the sig which shows that H1 is accepted so it can be concluded that there is an influence of Facebook media in science learning on students' cognitive learning outcomes. Keywords : Science, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:01
Last Modified: 12 Jun 2024 13:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33591

Actions (login required)

View Item View Item