UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI LEARNING LOSS PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

SASTIKA, Jauhari (2024) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI LEARNING LOSS PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KALIANDA LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI LEARNING LOSS PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KALIANDA LAMPUNG SELATAN Oleh: Sastika Motivasi belajar merupakan suatu dorongan yang muncul dari dalam maupun dari luar diri individu yang memiliki keinginan untuk semangat dalam belajar sehingga terarah dalam mencapai suatu tujuan Permasalahan yang terdapat penelitian ini adalah kemunduran belajar siswa karena adanya covid-19 pembelajaran dari daring menjadi luring dan tatap muka, kurangnya perhatian dari orang tua dalam belajar dirumah dan kurangnya motivasi belajar siswa karena tidak dapat memahami pelajaran disekolahnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah SMP Negeri 2 Kalianda Lampung Selatan. teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari Penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa ini sudah dilaksanakan dengan baik dan mendapatkan hasil yang positif, dimana siswa yang mengikuti bimbingan dan konseling mengalami perubahan menjadi lebih baik dan termotivasi dalam belajar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 1) Gambaran learning loss Peserta Didik kelas VII C di SMP Negeri 2 Kalianda Lampung Selatan. Adapun gambaran learning loss dilihat dari hasil wawancara adapun peserta didik yang memiliki permasalahan dalam kemunduran belajar siswa yaitu peserta didik berinisial AS, PCY, dan PS. Peneliti telah mengamati gambaran learning loss peserta didik ada beberapa peserta didik yang memiliki idikasi learning loss dikarenakan Peserta didik sulit memahami pembelajaran, Tidak mengerjakan tugas. Melihat dari dokumentasi yang telah dikumpulkan oleh peneliti mendapati beberapa peserta didik yang kemunduran belajar peserta didik dari absensi yang telah dimiliki oleh guru BK. 2) Analisis upaya yang dilakukan guru BK Dalam mengatasi learning loss Perserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 2 Kalianda Lampung Selatan. iii Berdasarkan hasil wawancara observasi dan dokumentasi didapati yakni Guru BK melakukan beberapa upaya dalam mengatasi learning loss peserta didik, guru BK berpendapat bahwa upaya ini merasa dilakukan dalam mengatasi learning loss peserta didik dikarenakan dalam 1. Identifikasi Siswa yang Mengalami Learning Loss yaitu Guru perlu mengidentifikasi siswa yang mengalami learning loss dengan melakukan penilaian menyeluruh terhadap kemampuan akademik mereka. Ini bisa melalui tes, observasi, atau analisis kinerja di kelas, 2. Eksplorasi dalam mengatasi learning loss melibatkan pendekatan yang dinamis dan responsif terhadap kebutuhan individu dan kelompok siswa. Dengan menggunakan berbagai strategi ini secara terpadu, sekolah dan pendidik dapat memberikan dukungan yang komprehensif dan berkelanjutan bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar, 3. Kolaborasi dengan Guru Lain dan Spesialis yaitu Guru dapat bekerja sama dengan guru lain dan spesialis, seperti guru bimbingan dan konseling, tutor, atau ahli pendidikan khusus, untuk merancang strategi pembelajaran yang efektif dan memberikan dukungan yang diperlukan kepada siswa, 4. Penguatan Keterampilan Dasar yaitu Guru dapat fokus pada memperkuat keterampilan dasar seperti membaca, menulis, dan berhitung untuk membantu siswa mengatasi learning loss. Ini bisa dilakukan melalui latihan-latihan yang terstruktur dan berulang, 5. Pemberian Umpan Balik yang Konstruktif yaitu Guru perlu memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa untuk membantu mereka memahami di mana mereka berada dalam proses pembelajaran dan memberikan arahan yang jelas tentang cara untuk memperbaiki kinerja mereka. Kata Kunci : Upaya guru, bimbingan dan konseling, motivasi. iv ABSTRAK UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI LEARNING LOSS PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KALIANDA LAMPUNG SELATAN By: Sastika Motivation to learn is an impulse that arises from within and from outside the individual who has the desire to be enthusiastic about learning so that he is directed towards achieving a goal. The problem in this research is the decline in student learning due to Covid-19, learning from online to offline and face-to-face, lack of attention from parents in studying at home and lack of motivation to learn from students because they cannot understand the lessons at school. This study uses a qualitative method. The location studied was SMP Negeri 2 Kalianda, South Lampung. Data collection techniques used in this research are interviews, observation and documentation. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation and conclusions. The results of the research that has been carried out can be concluded that the efforts of guidance and counseling teachers to increase student learning motivation have been carried out well and obtained positive results, where students who take part in guidance and counseling experience changes to become better and more motivated in learning. The results of this research show 1) An overview of the learning loss of class VII C students at SMP Negeri 2 Kalianda, South Lampung. The picture of learning loss can be seen from the results of interviews. The students who have problems with student learning setbacks are students with the initials AS, PCY, and PS. Researchers have observed the picture of student learning loss, there are several students who have indications of learning loss because students have difficulty understanding learning, not doing assignments. Looking at the documentation that had been collected by the researcher, it was found that several students had experienced setbacks in their learning v due to the absences that had been had by the guidance and counseling teacher. 2) Analysis of the efforts made by guidance and counseling teachers to overcome learning loss for Class VII students at SMP Negeri 2 Kalianda, South Lampung. Based on the results of observation interviews and documentation, it was found that the Guidance and Guidance Teacher made several efforts to overcome students' learning loss. The Guidance and Guidance Teacher was of the opinion that this effort was made to overcome the students' learning loss because in 1. Identification of Students Who Experience Learning Loss, that is, Teachers need to identify students who experience learning loss by conducting a thorough assessment of their academic abilities. This can be through tests, observations, or analysis of performance in class. 2. Exploration in overcoming learning loss involves a dynamic and responsive approach to the needs of individual and groups of students. By using these various strategies in an integrated manner, schools and educators can provide comprehensive and sustainable support for students who experience learning difficulties. 3. Collaboration with other teachers and specialists, namely teachers can collaborate with other teachers and specialists, such as guidance and counseling teachers, tutors, or special education experts, to design effective learning strategies and provide the necessary support to students, 4. Strengthening Basic Skills, namely Teachers can focus on strengthening basic skills such as reading, writing, and arithmetic to help students overcome learning loss. This can be done through structured and repetitive exercises. 5. Providing Constructive Feedback: Teachers need to provide constructive feedback to students to help them understand where they are in the learning process and provide clear direction on how to improve performance. they. Keywords: Teacher efforts, guidance and counseling, motivation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:31
Last Modified: 10 Jun 2024 09:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33559

Actions (login required)

View Item View Item