PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN PERAN KOMITE TERHADAP MUTU MADRASAH DI MI MA’ARIF SIDOHARJO KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

HENI, LESTARI (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN PERAN KOMITE TERHADAP MUTU MADRASAH DI MI MA’ARIF SIDOHARJO KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FUL HENI LESTARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Mutu madrasah adalah suatu bentuk kualitas dan kuantitas yang ada pada suatu madrasah. Mutu madrasah yang bagus adalah yang memiliki sebuah tatanan dan nilai sesuai dengan visi misi pada madrasah. Oleh Karena itu diperlukan sebuah kepemimpinan kepala madrasah dan peran komite dalam sebuah lingkungan madrasah. Kepemimpinan kepala madrasah akan menentukan kebijakan dan kualitas tenaga pendidik agar dapat meningkatkan mutu pada madrasah. Sama halnya keberadaan komite yang dapat memberikan dukungan berupa pendapat dan pelaksanaan kegiatan pengumpulan dana agar dapat menunjang mutu madrasah. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Penelitian dilakukan di MI Ma‟arif Sidoharjo, Kecamatan Way Panji, Kabupaten Lampung Timur. Diperoleh 30 sampel penelitian yang merupakan guru di MI Ma‟arif dengan teknik pengumpulan data mengggunakan observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Pengujian data dilakukan dengan melakukan uji instrumen, asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap mutu madrasah dengan dibuktikan hasil uji t mendapatkan nilai signifikasi sebesar 0,012 yang artinya lebih kecil dari 0,05 dan dinyatakan HI terima. Semakin tinggi sikap kepemimpinan yang diterapkan secara nyata di madrasah maka akan berpengaruh terhadap peningkatan mutu yang berkualitas di MI Ma‟arif Sidoharjo. Selanjutnya peran komite berpengaruh terhadap mutu madrasah dengan dibuktikan hasil uji t mendapatkan nilai signifikasi sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05 dan dinyatakan H2 terima. Komite madrasah yang menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan peran yang tinggi akan berpengaruh terhadap peningkatan mutu madrasah di MI Ma‟arif Sidoharjo. Dan Adanya pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan peran komite terhadap mutu madrasah dengan dibuktikan hasil uji F mendapatkan nilai signifikasi sebesar 0,037 yang artinya lebih kecil dari 0,05 dan dinyatakan H3 terima. Kepemimpinan kepala sekolah yang baik dan didukung oleh peran komite secara nyata maka akan menjadi bahan untuk semakin meningkatkan mutu di MI Ma‟arif Sidoharjo. . Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Madrasah, Peran Komite, dan Mutu Madrasah iv ABSTRACT Madrasah quality is a form of quality and quantity that exists in a madrasah. The quality of a good madrasah is one that has an order and values in accordance with the vision and mission of the madrasah. Therefore, leadership of the madrasa head and the role of a committee in a madrasa environment are needed. The leadership of the madrasa head will determine the policies and quality of teaching staff in order to improve the quality of the madrasa. Likewise, there is a committee that can provide support in the form of opinions and implementation of fund collection activities in order to support the quality of the madrasah. The methodology used in this research is quantitative correlational. The research was conducted at MI Ma'arif Sidoharjo, Way Panji District, East Lampung Regency. 30 research samples were obtained who were teachers at MI Ma'arif with data collection techniques using observation, documentation and questionnaires. Data testing is carried out by conducting instrument tests, classical assumptions and hypothesis testing. The results of the research show that there is an influence of the leadership of the madrasah head on the quality of the madrasah as evidenced by the results of the t test which obtained a significance value of 0.012, which means it is smaller than 0.05 and is declared HI acceptable. The higher the leadership attitude that is implemented in a madrasah, the more it will influence the quality improvement at MI Ma'arif Sidoharjo. Furthermore, the role of the committee influences the quality of madrasas as proven by the t test results which get a significance value of 0.000, which means it is smaller than 0.05 and it is stated that H2 is accepted. The madrasa committee which carries out its duties and responsibilities with a high role will have an influence on improving the quality of madrasas at MI Ma'arif Sidoharjo. And the influence of the leadership of the madrasah head and the role of the committee on the quality of the madrasah as proven by the F test results obtained a significance value of 0.037, which means it is smaller than 0.05 and it is stated that H3 is accepted. Good school principal leadership and supported by a real committee role will be an ingredient for further improving quality at MI Ma'arif Sidoharjo. . Keywords: Madrasah Principal Leadership, Committee Role, and Madrasah Quality

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:02
Last Modified: 10 Jun 2024 09:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33554

Actions (login required)

View Item View Item