PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

Dewi, KurniaPutri (2024) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TESIS BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of TESIS CETAK DEWI KURNIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring adanya perkembangan teknologi, lembaga-lembaga pendidikan terus meningkatkan kualitas pembelajarannya dengan menggunakan media pembelajaran, pada pelajaran PAI biasanya guru hanya menggunakan cara lama yaitu metode ceramah saja, hanya memberi tugas, dan penilaian. Guru tidak menggunakan media pembelajaran yang membangun suasana lebih aktif hasilnya peserta didik akan mudah mengantuk, bosan, pasif, karena peserta didik hanya digiring untuk menyerap materi sacara monoton. Pemanfaatan media pembelajaran mendapatkan dampak positif terutama pada peningkatan hasil belajar siswa, banyak siswa yang berada di atas nilai rata-rata standar kelulusan. Oleh karena itu, peneliti merasa perlu untuk mendalami lebih jauh bagaimana pemanfaatan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persiapan media pembelajaran, menganalisis implementasi media pembelajaran, mengklasifikasi media pembelajaran dan menemukan hasil pemanfaatan media pembelajaran. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi kepada guru dan siswa. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa semakin tinggi pemanfaatan media pembelajaran dan kreatifitas guru dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dapat menciptakan suasana belajar yang efektif, efesien, aktif, antusias, tidak membosankan dan tidak monoton. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media pada pembelajaran PAI dapat dikatakan sudah terlaksana dengan baik. Dibuktikan dengan guru sudah menggunakan media pembelajaran video dan powerpoint. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti merekomendasikan kepada; sekolah untuk mengadakan pelatihan tentang media pembelajaran agar pemanfaatan media pembelajaran semakin lebih baik dan berjalan dengan optimal, selanjutnya kepada guru untuk berinovasi dan lebih kreatif dalam menggunakan macam-macam media pembelajaran dan guru diharapkan masuk ke era digital saat ini seperti Tiktok atau Instagram. Kata Kunci: Pendidikan, Pemanfaatan Media Pembelajaran, PAI.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jun 2024 07:02
Last Modified: 07 Jun 2024 08:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33538

Actions (login required)

View Item View Item