EFEKTIVITAS KINERJA KEPALA DESA DALAM PENGELOLAAN DANA DESA (Studi: Desa Way Harong Kecamatan Way Lima Kabupaten pesawaran)

DWI, RAHMAN PUTRA (2024) EFEKTIVITAS KINERJA KEPALA DESA DALAM PENGELOLAAN DANA DESA (Studi: Desa Way Harong Kecamatan Way Lima Kabupaten pesawaran). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of DWI RAHMAN BAB 1, 3, 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of DWI RAHMAN FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kepala Desa memiliki kewenangan mengatur setiap wilayah yang menjadi cakupannya, baik dalam segi pembangunan infastruktur sampai dengan pengembangan SDM yang ada. Kewenangan Desa Meliputi kewenangan di bidang penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pelaksanaan Pembangunan Desa, pembinaan kemasyarakatan Desa, dan pemberdayaan masyarakat Desa berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul,dan adat istiadat Desa. Penelitian ini menggunakan teori Amstrong mengenai pengukuran dan indikator kinerja serta Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang telah diubah oleh Peraturan Pemerintah Pengganti Undang- Undang (Perpu) Nomor 1 Tahun 2020, tentang sumber dana desa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat naratif, dengan pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya ketidaksesuaian antara Rancangan yang dibuat oleh perangkat desa dengan regulasi yang ada serta minimnya keterlibatan masyarakat Desa Way Harong dalam rancangan program kerja menunjukkan adanya kesenjangan yang perlu segera diatasi. Penilaian terhadap tanggung jawab kinerja kepala desa Way Harong berdasarkan hasil evaluasi, menunjukkan bahwa kepala desa Way Harong dinilai kurang optimal dalam mengelola dana desa. proses alokasi yang tidak sesuai, transparansi yang rendah, dan minimnya partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan menjadi indikator penilaian yang paling utama. Teknik penetapan sekala prioritas berdasarkan prioritas strategis di Desa Way Harong-pun belum sesuai dengan aturan yang berlaku tentang penetapan prioritas rancangan Desa. Kata kunci : Kinerja, Dana Desa, kepala desa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jun 2024 07:10
Last Modified: 03 Jun 2024 07:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33488

Actions (login required)

View Item View Item