PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS V MIMA 7 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG

Halimatussa’, diah (2024) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS V MIMA 7 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Halimatussadiah (1911100310).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan sikap sosial peserta didik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Masyariqul anwar (MIMA) 7 Labuhan Ratu. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pendidik selaku guru kelas V. Observasi dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai peran guru terhadap sikap sosial peserta didik. Dokumentasi dilakukan untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan dokumen penelitian. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan terlihat bahwa peran guru dalam mengajar dan membimbing sangat baik. Adapun hasil wawancara yang dilakukan adalah penyampaian materi dalam pembelajaran sudah sesuai dengan kompetensi dasar yang ingin di capai. Selain menyampaikan materi guru juga menerapkan sikap sosial agar terciptanya sikap sosial yang baik untuk peserta didik. Berdasarkan hasil observasi , wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan terlihat bahwa guru sangat berperan terhadap sikap sosial peserta didik semakin baik sikap sosial guru maka akan baik pula sikap sosial peserta didik. Peran guru terhadap sikap sosial peserta didik dilihat menggunakan 13 indikator yaitu guru sebagai korektor, guru sebagai inspirator, guru sebagai informator, guru sebagai organisiator, guru sebagai motivator, guru sebagai inisiator, guru sebagai fasilitator, guru sebagai pembimbing, guru sebagai demonstrator, guru sebagai pengelola kelas, guru sebagai mediator, guru sebagai supervisor, guru sebagai evaluator. Sedangkan pengembangan sikap sosial peserta didik dilihat dari hasil penelitian dengan 6 indikator yaitu, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan amanah dengan masing-masing memuat sub indikator didalamnya. Kata kunci : Peran Guru, Sikap Sosial, Peserta didik.ABSTRAK The purpose to be achieved in this study is to determine the role of teachers in developing the social attitudes of fifth grade students at Madrasah Ibtidaiyah Masyariqul anwar (MIMA) 7 Labuhan Ratu. The type of research used in this study is qualitative with descriptive methods. The data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. Interviews were conducted with educators as fifth grade teachers. Observations were made to obtain information about the role of teachers on the social attitudes of students. Documentation was conducted to obtain information related to research documents. Based on the results of the observations made, it can be seen that the teacher's role in teaching and guiding is very good. The results of the interviews conducted are the delivery of material in learning in accordance with the basic competencies to be achieved. In addition to delivering the material the teacher also applies social attitudes in order to create good social attitudes for students. Based on the results of observations, interviews, and documentation conducted, it can be seen that the teacher plays a very important role in the social attitudes of students, the better the teacher's social attitudes, the better the social attitudes of students. The role of the teacher towards the social attitudes of students is seen using 13 indicators, namely the teacher as a corrector, teacher as an inspirer, teacher as an informer, teacher as an organizer, teacher as a motivator, teacher as an initiator, teacher as a facilitator, teacher as a guide, teacher as a demonstrator, teacher as a class manager, teacher as a mediator, teacher as a supervisor, teacher as an evaluator. While the development of students' social attitudes is seen from the results of research with 6 indicators, namely, honesty, discipline, responsibility, courtesy, care, and trustworthiness with each containing sub�indicators in it. Keywords : Teacher's Role, Social Attitude, Student.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 May 2024 02:44
Last Modified: 31 May 2024 07:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33442

Actions (login required)

View Item View Item