PERAN KOMUNITAS GUBUK LITERASI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI PADA ANAK DI SUKABUMI BANDAR LAMPUNG

Maulina, Setya Ningrum (2024) PERAN KOMUNITAS GUBUK LITERASI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI PADA ANAK DI SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK MAULINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Data UNICEF tahun 2016 menunjukkan bahwa kenakalan pada usia remaja diperkirakan mencapai sekitar 50%. Data tersebut sangat menggambarkan bahwa kenakalan yang dilakukan oleh remaja di Indonesia masih sangatlah tinggi. Untuk itu, sudah semestinya masalah kenakalan remaja dikalangan pelajar perlu segera diatasi supaya tidak menjadi masalah yang terus berlarut-larut. Berdasarkan data KPAI pada tahun 2022 ada 226 kasus kekerasan fisik, psikis termasuk perundungan. Skripsi ini berisi tentang Bagaimana Peran Gubuk Literasi dalam Pembentukan Karakter Islami pada Anak di Sukabumi Bandar Lampung serta Bagaimana Peran Gubuk Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca pada Anak di Sukabumi Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti ialah penelitian lapangan (Field research), penelitian ini bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif , dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer diperoleh dengan menggunakan teknik probility dengan metode simple random sampling dengan mewawancarai 14 informan yang terdiri dari 1 founder, 5 volunteer, 3 wali murid Gubuk Literasi, 5 murid di Gubuk Literasi. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa adanya perubahan karakter Islami pada anak�anak di Sukabumi Bandar Lampung setelah mengikuti kegiatan di Gubuk Literasi, yaitu perubahan akhlak yang semula akhlak beberapa anak di Sukabumi ternilai kurang baik, lalu setelah mengikuti pembelajaran di Gubuk Literasi, anak-anak menjadi memiliki sifat yang jujur dan amanah, cinta kepada Allah dan segenap ciptaan-Nya, mandiri dan rasa tanggungjawab, hormat dan santun, percaya diri dan pekerja keras, baik dan rendah hati, dermawan dan suka menolong, memiliki rasa kepemimpinan dan adil, serta memiliki rasa toleransi yang tinggi. Selanjutnya yaitu adanya perubahan kebiasaan yang mulanya anak-anak sangat kecanduan dengan ponsel dan malas dalam belajar, setelah mengikuti pembelajaran di Gubuk Literasi menjadi memiliki kebiasaan yang baik, dan terakhir yaitu pada perubahan gaya bicara yang menjadi lebih sopan dan santun. Kata Kunci : Peran Komunitas, Gubuk Literasi, Perubahan Karakter Islami, Anak iii ABSTRACT UNICEF data in 2016 shows that delinquency in adolescence is estimated to reach around 50%. This data strongly illustrates that delinquency committed by adolescents in Indonesia is still very high. For this reason, the problem of juvenile delinquency among students should be addressed immediately so that it does not become a protracted problem. Based on KPAI data in 2022 there were 226 cases of physical, psychological violence including bullying.This thesis contains about How the Role of Gubuk Literasi in Islamic Character Building in Children in Sukabumi Bandar Lampung and How the Role of Gubuk Literasi in Increasing Reading Interest in Children in Sukabumi Bandar Lampung. The type of research used by researchers is field research, this research is descriptive. This research uses a qualitative approach, in collecting data researchers use interviews, observation, and documentation methods. Primary data was obtained using probility technique with simple random sampling method by interviewing 14 informants consisting of 1 founder, 5 volunteers, 3 guardians of Gubuk Literasi students, 5 students at Gubuk Literasi. Based on the results of the research conducted, it shows that there are changes in the Islamic character of children in Sukabumi Bandar Lampung after participating in activities in Gubuk Literasi, namely changes in morals, which initially the morals of some children in Sukabumi were considered poor, then after participating in learning in Gubuk Literasi, children became honest and trustworthy, love for God and all His creations, independent and a sense of responsibility, respect and courtesy, confident and hardworking, kind and humble, generous and helpful, have a sense of leadership and fairness, and have a high sense of tolerance. Furthermore, there is a change in habits, which initially the children were very addicted to cellphones and lazy in learning, after participating in learning in Gubuk Literasi to have good habits, and finally in changes in speech style which became more polite and polite. Keywords : Community Role, Gubuk Literasi, Islamic Character Change, Children

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 May 2024 06:48
Last Modified: 30 May 2024 09:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33436

Actions (login required)

View Item View Item