PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DALAM MENINGKAT KAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA MUHAMMADIYAH SUKARAME

Riska, Nadya Wulan Tika (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DALAM MENINGKAT KAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA MUHAMMADIYAH SUKARAME. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI RISKA NADYA WULAN TIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan pada kelas X di MA Muhammadiyah Sukarame pada mata pelajaran fiqih. Pembelajaran di MA ini masih menggunakan system pembelajaran teacher center (yaitu system mengajar masih berpusat pada guru), sehingga hasil belajar peserta didik masih belum maksimal. Melihat dari hasil ulangan harian peserta didik kelas X di MA Muhammadiyah Sukarame masih banyak yang belum mencapai nilai rata rata KKM pada mata pelajaran fiqih, dari 20 peserta didik per kelas terdapat 6 peserta didik yang sudah mencapai nilai rata-rata KKM sedangkan 14 peserta didik yang lain masih mendapatkan nilai di bawah rata rata KKM. Populasi penelitian ini yaitu kelas X yang berjumlah 40 peserta didik. Kelas X MA Muhammadiyah terdapat dua kelas dimana setiap kelas terdiri dari 20 peserta didik. Sampel yang di ambil yaitu menggunakan tekning random sampling dimana kelas X A menjadi kelas eksperimen dan kelas X B menjadi kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi dan tes. Dokumentasi berupa foto, video, data sekolah, dan lain-lain, dan untuk tes berupa free-test dan post-test. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah quasi eksperimen untuk membandingkan pengaruh model pembelajaran project based learning dan model kooperatif learning tipe grup investigasi dalam pembelajaran fiqih. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran project based learning dan kelas kontrol menggunakan model kooperatif learning tipe grup investigasi, semua data akan diolah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar fiqih peserta didik kelas X di MA Muhammadiyah Sukarame. Berdasarkan hasil Uji T�test dari pengujian pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap hasil belajar peserta didik didapatkan bahwa nilai signifikasi sebesar 0.00 dimana nilai tersebut kurang dari 0.05. Hal ini menunjukan bahwa variabel Model Pembelajaran Project Based Learning (x) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik (y). maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dengan adanya permasalahan ini peneliti dapat merumuskan masalah yaitu: apakah terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning dalam meningkatkan hasil belajar fiqih peserta didik kelas X di MA Muhammadiyah Sukarame? penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA Muhammadiyah Sukarame. Kata Kunci : Model PjBL, Hasil Belajar, Pembelajaran Fiqih. iii ABSTRACT This research was conducted in class X at MA Muhammadiyah Sukarame in the subject of fiqh. Learning at this MA still uses a teacher-centered learning system (i.e. the teaching system is still teacher-centered), so that student learning outcomes are still not optimal. Looking at the daily test results of class others still get scores below the KKM average. The population of this research is class X, totaling 40 students. Class X MA Muhammadiyah has two classes where each class consists of 20 students. The samples taken used random sampling technique where class X A became the experimental class and class X B became the control class. This research uses documentation and test data collection techniques. Documentation in the form of photos, videos, school data, etc., and for tests in the form of free-tests and post-tests. This research method is quantitative and the type of research is quasi-experimental to compare the effect of the project based learning model and the investigative group type cooperative learning model in learning jurisprudence. The experimental class uses the project based learning model and the control class uses the investigative group type cooperative learning model. All data will be processed to determine the effect of the project based learning model on the fiqh learning outcomes of class X students at MA Muhammadiyah Sukarame. Based on the results of the T-test from testing the influence of the Project Based Learning Model on student learning outcomes, it was found that the significance value was 0.00, where the value was less than 0.05. This shows that the Project Based Learning Learning Model variable (x) has a positive and significant influence on student learning outcomes (y). then it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted. So, with this problem, researchers can formulate a problem, namely: is there an influence of the project based learning model in improving the fiqh learning outcomes of class X students at MA Muhammadiyah Sukarame? This research aims to determine the effect of the project�based learning model in improving student learning outcomes in fiqh subjects at MA Muhammadiyah Sukarame. Keywords: PjBL Model, Learning Outcomes, Fiqh Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 May 2024 07:55
Last Modified: 29 May 2024 07:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33414

Actions (login required)

View Item View Item