KONSEP PENDIDIKAN KEIMANAN ANAK (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN ABDULLAH NASHIH ULWAN DAN ZAKIAH DARADJAT)

AULIA, GITA REZKA (2024) KONSEP PENDIDIKAN KEIMANAN ANAK (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN ABDULLAH NASHIH ULWAN DAN ZAKIAH DARADJAT). Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TESIS BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of TESIS CETAK GITA REZKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dipicu oleh fenomena yang terjadi saat ini di Indonesia, di mana masyarakat dihadapkan pada masalah perilaku anak yang sangat memprihatinkan, seperti perampokan, pencurian, perkelahian, pembunuhan, pemerkosaan, dan lain sebagainya. Penelitian ini mengidentifikasi rendahnya nilai moral dan pemahaman agama yang dangkal sebagai penyebab utama terjadinya fenomena tersebut. Pendidikan keimanan dianggap sangat penting dalam mengatasi masalah ini, karena salah satu pemicu perilaku buruk adalah kurangnya kepercayaan dan kesadaran diri terhadap pengawasan atas perilaku individu, serta adanya ancaman pembalasan atas tindakan yang dilakukan. Abdullah Nashih Ulwan dan Zakiah Daradjat, sebagai pakar pendidikan anak, diakui karena pemahaman mereka tentang pentingnya pendidikan keimanan bagi anak. Harapannya, hasil penelitian ini akan memberikan manfaat signifikan bagi kalangan akademis, keluarga, dan masyarakat umum, dengan tujuan menciptakan dampak positif pada pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, serta membantu mereka menjadi pemimpin masa depan yang lebih baik. Metode penelitian yang diterapkan dalam studi ini adalah penelitian pustaka, atau yang dikenal sebagai library research. Sumber data primer terdiri dari karya-karya Abdullah Nashih Ulwan, seperti "Tarbiyatul Aulad Fil Islam: Pendidikan Anak Dalam Islam," dan karya Zakiah Daradjat, seperti "Islam dan Kesehatan Mental," "Ilmu Jiwa Agama," "Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah," serta "Ilmu Pendidikan Islam." Selain itu, sumber data sekunder melibatkan buku�buku lain yang relevan dengan topik kajian ini. Metode analisis data yang diterapkan adalah analisis isi (content analysis). Dari penelitian penulis, pemikiran Abdullah Nashih Ulwan dan Zakiah Daradjat tentang pendidikan iman meliputi materidan metode. Terdapat kesamaan pemikiran kedua tokoh tersebut, yaitu dari segi materi pendidikan keimanan, penggunaan kalimat tauhid untuk membuka kehidupan anak, penanaman kebiasaan beribadah, mendidik anak muraqabatullah, dan menggunakan metode keteladan dan pembiasaan. Pada saat yang sama juga terdapat perbedaan dalam penggunaan metode pendidikan hukuman, Abdullah Nashih Ulwan membolehkan hukuman dalam pendidikan namun tetap fokus pada metode hukuman yang diajarkan Islam, sedangkan Zakia Darajat tidak menggunakan pendidikan hukuman dalam mendidik anak. Kata Kunci : Konsep, Pendidikan Keimanan, Anak vi ABSTRACT This research is triggered by the current phenomenon in Indonesia, where society is faced with alarming issues of children's behavior, such as robbery, theft, fights, murder, rape, and so on. The study identifies the low moral values and shallow understanding of religion as the main causes of these phenomena. Faith education is considered crucial in addressing this problem, as one of the triggers for negative behavior is the lack of trust and self-awareness regarding individual behavior supervision, along with the threat of consequences for actions taken. Abdullah Nashih Ulwan and Zakiah Daradjat, recognized experts in child education, are acknowledged for their understanding of the importance of faith education for children. It is hoped that the results of this research will provide significant benefits to academics, families, and the general public, aiming to create a positive impact on the growth and development of children and assist them in becoming better future leaders. The research methodology applied in this study is literature review, also known as library research. Primary data sources consist of works by Abdullah Nashih Ulwan, such as "Tarbiyatul Aulad Fil Islam: Pendidikan Anak Dalam Islam," and works by Zakiah Daradjat, such as "Islam dan Kesehatan Mental," "Ilmu Jiwa Agama," "Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah," and "Ilmu Pendidikan Islam." Secondary data sources involve other relevant books on the topic. The data analysis method employed is content analysis. From the author's research, the thoughts of Abdullah Nashih Ulwan and Zakiah Daradjat on faith education encompass both content and methods. There is a similarity in the thoughts of these two figures, specifically in terms of the content of faith education, the use of the concept of tawhid to guide children's lives, instilling worship habits, educating children about muraqabatullah, and employing exemplary and habituation methods. At the same time, there are differences in the use of punishment in education; Abdullah Nashih Ulwan allows punishment but focuses on methods taught by Islam, while Zakiah Darajat does not use punitive education in child upbringing. Keywords: Concept, Faith Education, Children vii خالصة يرٌ ذحفيض ٕزا اىثحس تاىظإشج اىحاىيح في إّذّٗيسيا، حيس ي٘اجٔ اىَجرَغ ٍشامو ٍصيشج ىيقيق في سي٘ك األطفاه، ٍصو اىسشقح، اىسط٘، اىقراه، اىقرو، االغرصاب، ٍٗا إىٚ رىل. يحذد ٕزا اىثحس اّخفاض اىقيٌ األخالقيح ٗضحاىح فٌٖ اىذيِ مأسثاب سئيسيح ىحذٗز ٕزٓ اىظإشج. يُؼرثش ذؼييٌ اإليَاُ ضشٗسيًا ىيغايح في اىرؼاٍو ٍغ ٕزٓ اىَشنيح، حيس أُ أحذ اىَحشضاخ ىيسي٘ك اىسيثي ٕ٘ ّقص اىصقح ٗػذً اى٘ػي اىزاذي تاإلششاف ػيٚ سي٘ك اىفشد، إىٚ جاّة ذٖذيذ اىؼ٘اقة ػيٚ األفؼاه اىَرخزج. يُؼرشف تؼثذ هللا ّاشح أى٘اُ ٗصميح داسجاخ، مخثشاء في ذشتيح األطفاه، تفََٖٖا ألَٕيح ذؼييٌ اإليَاُ ىألطفاه. يأٍو اىثاحس أُ ذ٘فش ّرائج ٕزا اىثحس ف٘ائذ مثيشج ىألٗساط األماديَيح ٗاىؼائالخ ٗاىجَٖ٘س اىؼاً، تٖذف إحذاز ذأشيش إيجاتي ػيٚ َّ٘ ٗذط٘س األطفاه ٍٗساػذذٌٖ في أُ يصثح٘ا قادج ٍسرقثييِ أفضو. اىَْٖج اىثحصي اىَسرخذً في ٕزٓ اىذساسح ٕ٘ اسرؼشاض األدب، اىَؼشٗف أي ًضا تاسٌ تحس اىَنرثح. ذرنُ٘ ٍصادس اىثياّاخ األٗىيح ٍِ أػَاه ػثذ هللا ّاشح أى٘اُ، ٍصو "ذشتيح األٗالد في اإلسالً: ذؼييٌ األطفاه في اإلسالً"، ٗأػَاه صميح داسجاخ، ٍصو "اإلسالً ٗاىصحح اىْفسيح"، "ػيٌ ّفس اىذيِ"، "اىرشتيح اإلسالٍيح في األسشج ٗاىَذسسح"، ٗمزىل "ػيٌ اىرشتيح اإلسالٍيح". تاإلضافح إىٚ رىل، ذشَو ٍصادس اىثياّاخ اىصاّ٘يح مرثًا أخشٙ راخ صيح تَ٘ض٘ع اىذساسح. ٗيرٌ ذطثيق أسي٘ب ذحييو اىَحر٘ٙ ىرحييو اىثياّاخ. ٍِ خاله تحس اىناذة، يشَو فنش ػثذ هللا ّاشح أى٘اُ ٗصميح داسجاخ ح٘ه ذؼييٌ اإليَاُ مو ٍِ اىَضَُ٘ ٗاألساىية. ْٕاك ذشاتٔ في أفناس ٕزيِ اىشخصيِ، خاصح فيَا يرؼيق تَحر٘ٙ ذؼييٌ اإليَاُ، ٍغ اسرخذاً ٍفًٖ٘ اىر٘حيذ ىر٘جئ حياج األطفاه، ٗصسع ػاداخ اىؼثادج، ٗذؼييٌ األطفاه ٍفًٖ٘ ٍشاقثح هللا، ٗاسرخذاً أساىية اىقذٗج ٗاىؼشفاُ. في اى٘قد ّفسٔ، ْٕاك اخرالفاخ في اسرخذاً أسي٘ب اىرشتيح تاىؼق٘تح، حيس يسَح ػثذ هللا ّاشح أى٘اُ تاىؼق٘تح في اىرشتيح ٗىنِ ٍغ اىرشميض ػيٚ أساىية اىرؼييٌ اىري يؼيَٖا اإلسالً، في حيِ ال ذسرخذً صميح داسجاخ اىرشتيح تاىؼق٘تح في ذشتيح األطفاه. كلمات مفتاحية: مفهوم، تعليم اإليمان، األطفال

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 May 2024 04:50
Last Modified: 29 May 2024 05:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33408

Actions (login required)

View Item View Item