MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA AL – HIKMAH BANDAR LAMPUNG

M. Fajar, Maulana (2024) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA AL – HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Fajar.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan penulis di MIS Al – Hikmah Bandar Lampung. Penulis menemukan beberapa sarana dan prasarana yang harus dilihat dari segi perencanaan, pengadaan, inventarisasi, penyimpanan, pemeliharaan, penghapusan dan pertanggung jawaban. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MIS Al – Hikmah Bandar Lampung yang berkaitan tentang :1). Untuk mengetahui prosedur perencanaan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikandi Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al – Hikmah Bandar Lampung, 2). Untuk mengetahui prosedur pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al – Hikmah Bandar Lampung, 3). Untuk mengetahui prosedur inventarisasi sarana dan prasarana pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al – Hikmah Bandar Lampung? 4). Untuk mengetahui prosedur penyimpanan sarana dan prasaranapendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al – Hikmah Bandar Lampung, 5). Untuk mengetahui prosedur pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al – Hikmah Bandar Lampung, 6). Untuk mengetahui prosedur penghapusan sarana dan prasarana pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al - HikmahBandar Lampung?, 7). Untuk mengetahui prosedur pertanggung jawaban sarana dan prasarana pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al – Hikmah Bandar Lampung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif , penggunaan teknik pengumpulan data dalam peneltian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini diantaranya kepala sekolah dan staff tata usaha. Teknik pengumpulan data ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Berdasarkan hasil penenlitian yang di lakukan oleh penulis di MIS Al – Hikmah Bandar Lampung, penulis menemukan mengenai iv manajemen sarana dan prasarana, untuk mengatur sarana dan prasarana yang ada di sekolah, MIS Al – Hikmah memiliki beberapa tahapan seperti, perencanaan, pengadaan, inventarisasi, penyimpanan, pemeliharaan, penghapusan, dan pertanggung jawaban, ketujuh tahapan tersebut sangat penting dalam mengatur sarana dan prasarana yang ada di sekolah agar sesuai dengan kebutuhan dan guna meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Kata Kunci : Manajemen Sarana dan Prasarana, Prestasi Belajar v ABSTRACT Based on pre – research conducted by the author at MIS – Al Hikmah Bandar Lampung, the author found several facilities and infrastructure that must be looked at in terms of planning, procurement, inventory, storage, maintenance, write – off and accountability. This research aims to describe the management of educational facilities and improving the learning achievment of students at MIS Al – Hikmah Bandar Lampung which relating to : 1). procedures for planning the needs of educational facilities and infrastructure at MIS Al – Hikmah Bandar Lampung, 2). To knowing the procedures for procuring facilities and educational infrastructure in MIS Al – Hikmah Bandar Lampung. 3). To know procedures for inventory of educational facilities and infrastructure in MIS Al – Hikmah Bandar Lampung, 4). To know the procedures for storing educational facilities and infrastructure in MIS Al – Hikmah Bandar Lampung, 5). To know the procedures for maintaining educational facilities and infrastructure in MIS Al - Hikmah Bandar Lampung, 6). To find out the procedures for eliminating educational facilities and infrastructure in MIS Al – Hikmah Bandar Lampung, 7). To find out the procedures for accountabillity for educational facilities and infrastructure in MIS Al – Hikmah Bandar Lampung. This research method uses a descriptive qualitative approach, the data collection techniques used in this research are interview observation and documentation. The data analysis techniques are data reduction, data presentation and conclusion drawing. Data sources in this research include school principals and administrative staff. This data collection technique uses triangulation of techniques and sources. Based on the results of author at MIS Al – Hikmah Bandar Lampung, the author about the management of facilities and infrastructure, to manage existing infrastructure in schools, MIS Al – Hikmah Bandar Lampung has several stages, such as : planning, procurement, inventory, storage, maintenance, deletion and accountability for these seven stages is very important in arranging vi existing facilities and infrastructure in school to suit needs and to improve student learning achievment. Keywoards : Management of facilities and infrastructure, learning achievment.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 May 2024 04:38
Last Modified: 29 May 2024 05:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33406

Actions (login required)

View Item View Item