Muhammad, Rizky (2024) KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA REMAJA MUSLIM KARANG TARUNA DI DESA SUKADAMAI KECAMATAN GUNUNG ALIP KABUPATEN TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Komunikasi Organisasi dalam penelitian ini adalah fungsi dari penyampaian dan penerimaan pesan dalam organisasi Karang Taruna desa Sukadamai untuk mencapai visi, misi kerja organisasi yang sudah di bentuk. Motivasi berwirausaha merupakan cara membangkitkan, mengarahkan dan memantapkan prilaku mandiri, mau berinovasi dan mencoba segala peluang usaha dengan jiwa yang pantang menyerah serta siap mengambil resiko dalam berwirausaha. Komunikasi yang menjadi sasaran dalam upaya menumbuhkan motivasi berwirausaha dalam penelitian ini adalah pengurus dan anggota Karang Taruna desa Sukadamai untuk menuangkan ide, inovasi dan berkreatifitas bersama guna mengurangi tingkat pengangguran pada remaja muslim. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian melakukan proses pengolahan data dengan analisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan pengumpulan data, sedangkan hasil wawancara dan observasi berdasarkan teori yang relevan yaitu teori organisasi dan motivasi yang berkaitan dengan Komunikasi Organisasi. Hasil penelitian ini adalah fungsi dari Komunikasi Organisasi dalam menumbuhkan motivasi berwirausaha pada remaja muslim Karang Taruna desa Sukadamai untuk mengembangkan dan memajukan desa dengan mengelola usaha kuliner makanan tradisional. Karang Taruna desa Sukadamai sudah melakukan fungsi Komunikasi Organisasi yang cukup baik, dengan menerapkan 4 fungsi Komunikasi Organisasi yaitu informatif, regulatif, persuasif dan integratif. Namun fungsi persuasif yang sangat berpengaruh dalam kegiatan memotivasi karena setiap pesan yang di sampaikan oleh pengurus Karang Taruna kepada anggota sangat berpengaruh dalam mempersuasi dan meningkatkan motivasi pada remaja muslim Karang Taruna, hal tersebut menghasilkan kinerja yang maksimal untuk mengembangkan kreatifitasnya masing-masing. Kata Kunci : Komunikasi Organisasi, Motivasi Berwirausaha
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 29 May 2024 04:33 |
Last Modified: | 29 May 2024 05:28 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33405 |
Actions (login required)
View Item |