TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 13 UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP (Studi di Desa Margomulyo Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran)

Feny, Amilia Safrina (2024) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 13 UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP (Studi di Desa Margomulyo Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK FENY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Konsumsi daging ayam yang meningkat pesat dibandingkan dengan daging sapi ataupun kambing, dikarenakan daging ayam yang relatif lebih murah di bandingkan dengan daging yang lainnya. Tingginya kebutuhan daging ayam tentunya akan memunculkan industri-industri rumahan peternakan dan pemotongan ayam untuk mencukupi kebutuhan masyarakat. Dengan begitu pasti akan menimbulkan masalah terhadap lingkungan. Dari dampak pemeliharaan tersebut memunculkan dampak-dampak yang terkait dengan masalah lingkungan. Salah satu usaha rumah pemotongan ayam di Desa Margomulyo menjadi sebuah kegiatan industri kecil, yang perkembangannya memberikan kontribusi nyata dalam sektor ekonomi juga memberikan dampak terhadap lingkungan. Padahal dalam Undang-Undang sudah diatur, akan tetapi masih belum sesuai dengan peraturan yang di tetapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi Pasal 13 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Desa Margomulyo Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pasal 13 Undang-Undang Nomor 32 tahun 2009 dan bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap implementasi Pasal 13 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Desa Margomulyo Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif analisis. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan cara observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis data, menggunakan metode kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari hasil wawancara atau observasi dari aparatur desa maupun masyarakat sekitar yang terkena dampak, data sekunder diperoleh dari buku-buku dan dokumen. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi pasal 13 Undang-Undang Nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Desa Margomulyo Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran sudah dijalankan, namundalam pelaksanaannya belum berjalan secara maksimal. Tinjauan fiqh siyasah terhadap implementasi pasal 13 Undang�Undang No 32 tahun 2009 di Desa Margomulyo Kecamatan iv Tegineneng Kabupaten Pesawaran, kebijakan tersebut belum dilaksanakan dengan baik dan belum dapat memberikan kemaslahatan bagi kehidupan masyarakat. Islam mengajarkan untuk mencintai lingkungan, bukan untuk merusak lingkungan. Kata Kunci : Fiqh Siyasah, Undang-Undang, Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 May 2024 04:15
Last Modified: 29 May 2024 04:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33402

Actions (login required)

View Item View Item