DAMPAK PEMEKARAN PEKON TERHADAP PERCEPATAN PEMERATAAN PEMBANGUNAN DAN PELAYANAN MASYARAKAT DITINJAU DARI FIQIH SIYASAH (Studi di Pekon Bandar Jaya Kecamatan Ngaras Kabupaten Pesisir Barat)

MHD, ICHSANUDDIN (2024) DAMPAK PEMEKARAN PEKON TERHADAP PERCEPATAN PEMERATAAN PEMBANGUNAN DAN PELAYANAN MASYARAKAT DITINJAU DARI FIQIH SIYASAH (Studi di Pekon Bandar Jaya Kecamatan Ngaras Kabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK MHD ICHSANUDDIN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pemekaran desa di Pekon Bandar Jaya, Kecamatan Ngaras, Kabupaten Pesisir Barat, berdampak positif pada percepatan dan pemerataan pembangunan di daerah tersebut. Pemekaran pekon dianggap penting untuk meningkatkan pembangunan dan pelayanan masyarakat di pekon Bandar Jaya. Pemerataan pembangunan menjadi tujuan pemerintah karena dapat menyebabkan pertumbuhan ekonomi yang merata dan mengurangi kesenjangan di masyarakat. Pelayanan masyarakat juga dianggap krusial, mencakup pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai peraturan perundang-undangan. Pemekaran desa ini dilakukan pada tahun 2009, memisahkan pekon Bandar Jaya dari pekon induk Negeri Ratu, karena masyarakat ingin mengurus desanya sendiri. Keputusan pemekaran ini diambil karena pekon Bandar Jaya mengalami kekurangan pembangunan dan pelayanan selama puluhan tahun. Pekon Bandar Jaya saat itu memiliki luas wilayah 452 Ha, dua pemangku, yaitu pemangku Bandar Jaya dan Padang Dalam, serta jumlah penduduk sebanyak 673 jiwa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini: Bagaimana Dampak Pemekaran Pekon Terhadap Percepatan Pemerataan Pembangunan dan Pelayanan Masyarakat di Pekon Bandar Jaya Kecamatan Ngaras Kabupaten Pesisir Barat?, dan Bagaimana Tinjauan Fiqih Siyasah Terhadap Dampak Pemekaran Pekon Terhadap Percepatan Pemerataan Pembangunan dan Pelayanan Masyarakat di Pekon Bandar Jaya Kecamatan Ngaras Kabupaten Pesisir Barat?. Sedangkan untuk Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan dalam kehidupan yang sebenarnya, menurut sifatnya penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah perangkat dan masyarakat pekon Bandar Jaya. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu teknik observasi, interview dan dokumentasi. Selanjutnya langkah yang digunakan dalam menganalisa data pertama reduksi data, selanjutnya display data, dan terakhir prefikasi data, dengan cara berpikir deduktif. Hasil penelitian diperoleh bahwa, Dampak pemekaran Pekon terhadap pembanguna infrastruktur di pekon Bandar jaya memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kesejahteraan dan kemajuan masyarakat melalui peningkatan aksesibilitas, pelayanan, dan potensi ekonomi. Kemudian Dengan demikian pemekaran pekon bandar jaya kecamatan ngaras dapat dikatan berdampak fositip terhadap pelayanan masyarak di pekon bandar jaya, meskipun memang masih diperlukan evaluasi lebih lanjut untuk memahami dan mengatasi perbedaan persepsi antara pihak yang menyelenggarakan layanan dan masyarakat terkait efektivitas dan ketepatan waktu dalam proses pelayanan dan nilai-nilai yang telah di terapkan sejalan dengan ajaran Islam, meskipun memang masih ada hal-hal yang perlu di evaluasi tertama terkait pelayanan masyarakat. Kata kunci: Pemekaran pekon, percepatan pembanguna dan pelayayn masyrakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 May 2024 07:05
Last Modified: 28 May 2024 07:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33387

Actions (login required)

View Item View Item