PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MIN 4 PRINGSEWU

Zasiroh, Kamilawati (2024) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MIN 4 PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MILA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan bertujuan menghasilkan perubahan perilaku, pengetahuan, dan keterampilan dalam kehidupan. Infografis adalah media sederhana dua dimensi yang mudah digunakan untuk memvisualisasikan materi pelajaran yang rumit, meningkatkan motivasi dan daya ingat siswa. Hasil belajar merupakan salah satu instrument penting dalam pendidikan. Belajar melibatkan proses mental, menyentuh perasaan, mengalami dan proses berfikir yang aktif. Dalam prosesnya, ketika Individu belajar maka ia akan merasakan perubahan perilaku dan Menampilkan hasil sebagai tolak ukut bahwa mampu memahami pelajaran yang diterimanya. Hasil belajar dapat diukur dalam tiga ranah, yaitu kognitif, psikomotorik, dan afektif. Pada penelitian ini difokuskan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik yang masih rendah. Hasil belajar dalam ranah (domain) kognitif berfokus pada kegiatan mental (otak). Hasil belajar kognitif dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami. Diketahui bahwa hasil belajar peserta didik di kelas VB MIN 4 Pringsewu hanya 10 dari 23 siswa yang mencapai nilai KKM atau 43,5% tuntas, sedangkan 13 anak dari 23 siswa atau 56,5% tidak tuntas. Media pembelajaran, termasuk infografis, sangat penting dalam proses pembelajaran, karena dengan media dapat mempermudah pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengkaji penggunaan media infografis berbantuan canva dalam meningkatkan hasil belajar kognitif pada peserta didik kelas V SD/MI pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Model desain penelitian yang digunakan dalam PTK ini adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang memadukan tahap pelaksanaan dengan observasi. Pada siklus I sebanyak 14 peserta didik dari 23 peserta didik atau 60,87% sudah mencapai KKM sedangkan yang belum mencapai nilai KKM sebanyak 9 peserta didik atau 39,13%. Pada siklus II dengan peserta didik 23 orang yang tuntas 19 peserta didik atau 81,61% sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 4 peserta iii didik atau 17,39%. Data tersebut menunjukan Bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II yakni sebesar 20,74%. Kata Kunci : Hasil Belajar, Infografis, Media Pembelajaran. iv ABSTRACT Education aims to produce changes in behavior, knowledge and skills in life. Infographics are simple, two-dimensional media that are easy to use to visualize complex subject matter, increasing student motivation and memory. Learning outcomes are an important instrument in education. Learning involves mental processes, touching feelings, experiencing and active thinking processes. In the process, when individuals learn, they will feel changes in behavior and show results as a benchmark for being able to understand the lessons they receive. Learning outcomes can be measured in three domains, namely cognitive, psychomotor and affective. This research focuses on students’ cognitive learning outcomes which are still low. Learning outcomes in the cognitive domain focus on mental (brain) activities. Cognitive learning outcomes can be improved by utilizing learning media that is interesting and easy to understand. It is known that the learning outcomes of students in the grade VB MIN 4 Pringsewu class were only 10 out of 23 students who achieved the minimum score or 43.5% complete, while 13 children out of 23 students or 56.5% did not complete. Learning media, including infographics, are very important in the learning process, because media can facilitate students’ understanding of the material being taught. The aim of this research is: To examine the use of infographic media in improving students’ cognitive learning outcomes in grade V science subjects at MIN 4 Pringsewu. This research is Classroom Action Research, with 2 cycles, each cycle consisting of 4 stages, namely: planning, acting, observation and reflection. The research design model used in this CAR is the Kemmis and Mc. Taggart model that combines the implementation stage with observation. In the first cycle, 14 students out of 23 students or 60.87% had reached the KKM, while 9 students or 39.13% had not yet reached the minimum score. In cycle II with 23 students, 19 students or 81.61% completed it, while 4 students or 17.39% had not yet reached the KKM. These data show that there is an increase in learning outcomes from cycle I to cycle II, namely 20.74%. Keywords: Infographics, Learning Results, Learning Media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 May 2024 07:04
Last Modified: 28 May 2024 08:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33386

Actions (login required)

View Item View Item