PENERAPAN PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 MENGGALA

SURYA, ADI DARMA (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 MENGGALA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI SURYA ADI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penerapan pembelajaran active learning bukanlah hal yang baru dalam teori pengajaran (proses belajar mengajar), sebab merupakan konsekuensi logis dari proses belajar mengajar di sekolah. Pembelajaran active learning dapat diartikan sebagai suatu cara atau strategi mengajar yang menuntut keakifan peserta didik dan partisipasi peserta didik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana penerapan pembelajaran active learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Menggala? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran active learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Menggala. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan pemanaatan bahan referensi. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan di SMA Negeri 1 Menggala, bahwa Penerapan Pembelajaran Active Learning dalam meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diamati peneliti di kelas ditemukan data bahwa adanya kecenderungan peserta didik yang aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar dan pada antusiasme peserta didik yang hampir sama dan berulang. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti yang diperoleh ada beberapa pesertadidik yang aktif dan ada juga yang pasif. Namun data yang diperoleh peseta didik yang aktif lebih banyak dibandingkan peserta didik yang pasif. Kata Kunci : Pembelajaran, Active Learning, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam. iv ABSTRACT The application of active learning is not new in teaching theory (teaching and learning process), because it is a logical consequence of the teaching and learning process in schools. Active learning can be interpreted as a way or teaching strategy that requires students' activeness and students' participation. The formulation of the problem in this study is How is the application of active learning in improving student learning outcomes in Islamic religious education subjects at SMA Negeri 1 Menggala? This study aims to describe the application of active learning in improving student learning outcomes in Islamic religious education subjects at SMA Negeri 1 Menggala. The type of research used in this study is qualitative. The data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The data validity test was carried out using extended observation, triangulation, and reference material. Based on the results of research conducted by researchers at SMA Negeri 1 Menggala, that the Application of Active Learning in improving Student Learning Outcomes in Islamic Religious Education Subjects observed by researchers in the classroom found data that there was a tendency for students to be active in participating in the teaching and learning process and in the enthusiasm of students who were almost the same and repeated. Based on the observations of researchers obtained, there are some active learners and some who are passive. However, the data obtained by active learners is more than passive learners. Keywords: Learning, Active Learning, Learning Outcomes, Islamic Religious Education.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 May 2024 07:49
Last Modified: 30 May 2024 09:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33373

Actions (login required)

View Item View Item