PENGARUH BERMAIN LOOSE PARTS TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-HIJRIAH

Fanny, Novi Annisa (2024) PENGARUH BERMAIN LOOSE PARTS TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-HIJRIAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kreativitas merupakan suatu proses mental yang di lakukan individu berupa gagasan atau produk baru atau mengombinasikan antara kedua nya yang akhir nya akan melekat pada diri nya perkembangan kreativitas masih tergolong rendah. Karena media pembelajaran yang di gunakan di TK AL-Hijriah hanyalah papan tulis, buku-buku dan kegiatan menggambar, mewarnai terkesan monoton. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perkembangan kreativitas anak di kelas B di TK AL-HIJRIAH masih perlu ditingkatkan lagi. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pembelajaran yang kurang menarik untuk menstimulus perkembangan kreativitas anak, sehingga guru harus memiliki cara kreatif agar proses pembelajaran bisa menjadi lebih baik. Seiring dengan pentingnya perkembangan kreativitasbagi anak usia dini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Bermain Loose Parts Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di TK AL-Hijriah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh bermain loose parts terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK AL-Hijriah? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan kelompok B di TK AL-HIJRIAH, 24 peserta didik kelompok B1 dan 25 peserta didik kelompok B2, sehingga keseluruhan adalah 49 peserta didik. Metode penelitian dengan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kegiatan bermain loose parts berpengaruh terhadap perkembangan kreativtas anak usia 5-6 tahun di TK Al�Hijriah Bandar Lampung.. Hal ini disimpulkan dari pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Samples Test dan uji N-Gain. Pada uji Paired Sample t-test menunjukkan hasil yang didapat yaitu sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05 (<0,05), maka dapat diartikan bahwa Ha diterima. Pada uji N-Gain menunjukkan hasil menyatakan 0,8 yang dimana memiliki kriteria tinggi. Artinya terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata nilai pre�test (sebelum diberi perlakuan) dengan rata-rata nilai post-test (setelah diberi perlakuan).Sehingga dapat disimpulkan dari pengujian hipotesis iv dengan menggunakan uji paired sample t-test dan Uji N-Gain bahwa kegiatan bermain loose parts berpengaruh terhadap perkembangan kreativtas anak usia 5-6 tahun di TK Al-Hijriah Bandar Lampung. Kata kunci : Bermain Loose Parts, Kreativitas Anak, Anak Usia 5-6

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 May 2024 07:54
Last Modified: 27 May 2024 10:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33369

Actions (login required)

View Item View Item