PENGARUH METODE PEMBELAJARAN RESIPROKAL TERHADAP KETERAMPILAN PASSING BOLA VOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS V MIN 2 BANDAR LAMPUNG

Tika, Novalia Wisudayanti (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN RESIPROKAL TERHADAP KETERAMPILAN PASSING BOLA VOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS V MIN 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI TIKA CETAK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh Tika Novalia Wisudayanti Pembelajaran resiprokal adalah berlandaskan falsafah konstruktivisme yang mengacu pada beberapa prinsip yaitu pengetahuan dibangun sendiri oleh siswa secara aktif, penekanan proses belajar terletak pada siswa, mengajar adalah membantu siswa, pembelajaran lebih ditekankan pada proses bukan pada hasil akhir dan guru berperan sebagai fasilitator dan motivator.Keterampilan sangat penting untuk menunjang hasil belajar. Keterampilan merupakan kemampuan untuk mengoperasikan pekerjaan secara mudah dan cepat, pengertian ini biasanya cenderung pada aktifitas psikomotor. Passing merupakan usaha atau upaya seseorang pemain dengan cara menggunakan suatu teknik tertentu sebagai langkah awal untuk menyusun bola serangan kepada regu lawan, yang bertujuan adalah untuk memperoleh bola kepada teman secepatnya untuk dimainkan dilapangan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui bahwa peserta didik kesulitan terhadap keterampilan passing bola voli dan keterampilan passing bola voli masih kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran resiprokal terhadap keterampilan passing bola voli pada peserta didik kelas V MIN 2 Bandar Lampung. Metode penelitian ini adalah Quasi eksperimen design. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan posttest only control. Teknik pengumpulan data adalah tes keterampilan passing bola voli dan dokumentasi. Teknik analisa menggunakan validitas dan reliabilitas. Teknik Analisis prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Kedua data dari kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t yaitu diperoleh T hitung = 6,507 > T tabel = 1,672 dan nilai sig (2-tailed)= 0,000. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan passing bola voli antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Peserta didik didalam kelas ikut serta lebih aktif, terlatih kemandirian peserta didik, dan melatih kemampuan keterampilan passing bola voli. Kata Kunci: Keterampilan Passing Bola Voli, Resiprokal iii ABSTRACT By Tika Novalia Wisudayanti Reciprocal learning is based on the philosophy of constructivism which refers to several principles, namely knowledge is actively built by students themselves, the emphasis of the learning process is on the students, teaching is helping students, learning is emphasized on the process rather than the final result and the teacher acts as a facilitator and motivator. Skills very important to support learning outcomes. Skills are the ability to operate work easily and quickly. This definition usually tends to refer to psychomotor activities. Passing is a player's effort or effort by using a certain technique as an initial step to prepare an attack ball for the opposing team, the aim of which is to get the ball to a friend as quickly as possible to play on the field. Based on the results of the preliminary study, it is known that students have difficulty with volleyball passing skills and volleyball passing skills are still not optimal. This research aims to determine the effect of the reciprocal learning method on volleyball passing skills in class V MIN 2 Bandar Lampung students. This research method is Quasi experimental design. The experimental design used in this research was posttest only control. The data collection technique is a volleyball passing skills test and documentation. The analysis technique uses validity and reliability. The prerequisite analysis technique uses normality and homogeneity tests. Test the hypothesis using the t-test. Both data from the experimental class and control class were normally distributed and homogeneous. Hypothesis testing uses the t�test, namely obtained T count = 6.507 > T table = 1.672 and sig value (2-tailed) = 0.000. Therefore, it can be concluded that there are differences in volleyball passing skills between the experimental class and the control class. Students in the class participate more actively, train students' independence, and practice volleyball passing skills. Keywords: Reciprocity, Volleyball Passing Skills

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 May 2024 04:23
Last Modified: 27 May 2024 04:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33355

Actions (login required)

View Item View Item