MENGHAFAL AL-QUR’AN DAN KEBAHAGIAAN : STUDI TERHADAP SANTRIWATI TAHFIDZUL QUR’AN YAYASAN DAUMAN QUR’AN WAY HALIM PERMAI BANDAR LAMPUNG

INA, SALSABILA (2024) MENGHAFAL AL-QUR’AN DAN KEBAHAGIAAN : STUDI TERHADAP SANTRIWATI TAHFIDZUL QUR’AN YAYASAN DAUMAN QUR’AN WAY HALIM PERMAI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi INA SALSABILA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Membaca Al-Qur’an adalah salah satu bentuk ibadah dan suatu hal yang baik terlebih lagi seorang penghafal Al-Qur’an. Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kegiatan menghafal Al-Qur’an dapat memberikan kebahagiaan dan ketenangan jiwa. Menjadi seorang santri Tahfidzul Qur’an ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Butuh proses dan keseriusan yang luar biasa. Lika-liku dan rintangan yang hadirpun semakin banyak, sehingga orang yang mampu melewati proses menghafal Al-Qur’an akan mendapat derajat tinggi dimata Allah dan manusia. Meskipun demikian seorang penghafal Al-Qur’an harus memiliki kesabaran yang luar biasa, karena banyaknya problematika yang harus dihadapi ketika menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi apa yang dimiliki santriwati dalam menghafal Al-Qur’an dan juga mengeksplorasi antara menghafal Al-Qur’an dan kebahagiaan studi pada santriwati tahfidzul Qur’an di Yayasan Dauman Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek yang diteliti adalah santriwati Yayasan Dauman Qur’an, penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data yang dikumpulkan melalui metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Setelah data selesai dan terkumpul dengan lengkap, tahap berikutnya yaitu tahap analisa.Pada proses ini tahapannya berupa meredukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menghafal Al-Qur’an memiliki dampak yang positif terhadap kebahagiaan studi santriwati tahfidzul Qur’an. Santriwati yang aktif dalam menghafal Al- Qur’an mengalami peningkatan kebahagiaan studi mereka, kepuasan dalam mencapai target menghafal serta pengalaman mendalam terhadap isi Al-Qur’an diyakini menjadi faktor utama yang mempengaruhi kebahagiaan mereka. Menghafal Al-Qur’an memberikan mereka rasa pencapaian dan pemahaman spiritual yang mendalam, yang pada gilirannya meningkatkan motivasi. Selain itu, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa lingkungan di Yayasan Dauman Qur’an memaikan peran penting dalam mendukung kebahagiaan santriwati. Fasilitas yang memadai, dukungan sosial, interaksi positif antara santriwati menguatkan perasaan kebahagiaan dan ketersediaan ustadzah yang berkualitas turut berkonstribusi terhadap pengalaman belajar yang positif. Penemuan ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana menghafal Al�Qur’an dapat menjadi sumber kebahagiaan yang signifikan dalam kehidupan. Kata kunci: Menghafal Al-Qur’an, Kebahagiaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Akhlak dan Tasawwuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Akhlak dan Tasawwuf
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 May 2024 03:46
Last Modified: 22 May 2024 03:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33332

Actions (login required)

View Item View Item