ANALISIS PENGARUH KINERJA PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) INDEKS (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Teluk Betung Bandar Lampung Tahun 2022)

SEKAR, PUTRI IMANDA (2024) ANALISIS PENGARUH KINERJA PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) INDEKS (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Teluk Betung Bandar Lampung Tahun 2022). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI SEKAR   135.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SEKAR   FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Analisis Pengaruh Kinerja Perusahaan Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting Indeks harus dimulai dari penjelasan dasarnya terlebih dahulu (philosophical thinking), yaitu seberapa pentingnya ISR bagi sebuah perusahaan saat ini. Pentingnya ISR dapat ditinjau dengan menggunakan stakeholder theory dan shariah enterprise theory. Penjelasan tersebut kemudian menjadi dasar bagi perusahaan untuk melaksanakan kewajiban pertanggungjawaban (responsibility) sosialnya, yang tidak hanya diwajibkan pada entitas konvensional, tetapi juga pada entitas syariah. Entitas syariah dalam hal ini dikhususkan pada perbankan syariah. Kemudian pelaksanaan tanggung jawab social ini diukur berdasarkan Indeks ISR. Hingga pada akhirnya akan melahirkan konsep baru dalam pedoman ISR, yang dikonvergensikan dengan Indeks ISR secara sederhana. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Waktu penelitian dimulai pada bulan maret 2024. Penelitian ini dilakukan di Bank Syariah Indonesia Bandar Lampung dengan cara metode primer dengan mengumpulkan laporan tahunan dari 2022. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan sumber data. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dam penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa pengaruh kinerja perusahaan terhadap Islamic Social Reporting (ISR) didasari oleh beberapa indeks seperti pendanaan dan investasi, produk dan jasa, karyawan, masyarakat, lingkungan, dan tata kelola perusahaan. Pendanaaan dan investasi ditujukan kepada penyaluran zakat kepada masyarakat kurang mampu dan penyaluran pendanaan ditujukan melalui ZISWAF. Bentuk pertangungjawaban indeks produk dan jasa di buktikan dengan pengeluarkan produk pembiayaan dan simpanan dalam mendukung perekonomian masyarakat, dan jasa di fokuskan kepada konsultasi penyaluran dana ZISWAF serta asuransi. Pada indeks karyawan di fokuskan kepada pemilihan sumber daya manusia yang memiliki akhlak baik, bekualitas dan menjaga keselamatan kerja karyawan. Indeks masyarakat ditunjukkan dengan pemberian bantuan berupa beasiswa dan pembiayaan khusus pelaku UMKM serta pembangunan masjid. Untuk indeks lingkungan diterapkan pada pengurangan polusi pada lingkungan seperti penguarangan pemakaian kertas dan mendukung green banking. Bagi tata kelola perusahaan difokuskan pada kepatuhan dan keterbukaan segala bentuk kegiatan ataupun pelaporan keuangan. Kata kunci :Kinerja Perusahan, CSR, Islamic Social Reporting.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 May 2024 03:39
Last Modified: 22 May 2024 03:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33331

Actions (login required)

View Item View Item