PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI BERNUANSA ISLAMI DAN LINGKUNGAN PADA MATERI BANGUN DATAR TINGKAT SMP/MTs UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Minda, Ayu Rahma Sari (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI BERNUANSA ISLAMI DAN LINGKUNGAN PADA MATERI BANGUN DATAR TINGKAT SMP/MTs UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI MINDA AYU RAHMA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang berbentuk modul gamifikasi pada materi bangun datar bernuansa islami dan lingkungan pada kelas VII SMP/MTs. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dan model pengembangan ADDIE dengan lima tahap pengembangan, teknik pengumpulan yang digunakan yaitu wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian adalah modul gamifikasi bernuansa islami dan lingkungan layak digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis. Kelayakan modul gamifikasi bernuansa islami yang diperoleh dari ahli materi, ahli media dan ahli agama. Ahli materi “valid” dengan skor rata-rata sebesar 3,51, ahli media memperoleh kriteria “valid” dengan skor rata�rata sebesar 3,43 dan ahli agama dengan skor rata-rata 3,77 dengan kriteria “valid”. Respon peserta didik terhadap modul gamifikasi bernuansa islami dan lingkungan diperoleh pada uji kelompok kecil yaitu “sangat menarik” dengan skor 3,55 dan pada uji kelompok besar mendapat kriteria “sangat menarik” dengan skor kemenarikan sebesar 3,66. Pada uji efektifitas kemampuan pemahaman konsep matematis diperoleh skor uji effect size sebesar 0,510 dengan kategori “sedang”. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa modul gamifikasi bernuansa islami dan lingkungan valid, menarik serta efektif digunakan sebagai bahan ajar matematika dikelas VII SMP/MTs. Kata kunci : Modul; Gamifikasi Bernuansa Islami dan Lingkungan; Pemahaman Konsep Matematis iii ABSTRACT This research aims to develop teaching materials in the form of gamification modules on flat shapes with Islamic and environmental nuances in class VII SMP/MTs. The method used is research and development (R&D) and the ADDIE development model with five development stages, the collection techniques used are interviews, questionnaires, documentation and tests. The results of the research are that the gamification module with Islamic and environmental nuances is suitable for use as teaching material to improve understanding of mathematical concepts. Feasibility of gamification modules with Islamic nuances obtained from material experts, media experts and religious experts. Material experts are "valid" with an average score of 3.51, media experts have "valid" criteria with an average score of 3.43 and religious experts have an average score of 3.77 with "valid" criteria. The students' response to the gamification module with Islamic and environmental nuances obtained in the small group test was "very interesting" with a score of 3.55 and in the large group test the criteria were "very interesting" with an attractiveness score of 3.66. In testing the effectiveness of the ability to understand mathematical concepts, an effect size test score of 0.510 was obtained in the "medium" category. Therefore, it can be concluded that the gamification module with Islamic and environmental nuances is valid, interesting and effective for use as mathematics teaching material in class VII SMP/MTs. Keywords: Module; Gamification with Islamic and Environmental Nuances; Understanding Mathematical Concept

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 May 2024 07:57
Last Modified: 21 May 2024 08:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33329

Actions (login required)

View Item View Item