PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2018-2022)

Desi, Rahma Wati (2024) PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2018-2022). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of cetak desi bab135.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of cetak desi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nilai Perusahaan menggambarkan seberapa baik atau buruknya manajemen Perusahaan dalam mengelola dananya. Terciptanya nilai Perusahaan yang tinggi merupakan tujuan bagi setiap Perusahaan, karena nilai Perusahaan yang baik merupakan sinyal positif bagi para investor untuk menaruh kepercayaan dalam menanamkan sahamnya. Tingkat keberhasilan Perusahaan mencerminkan kemakmuran para pemegang saham. Hal ini menujukkan bahwa investor senang apabila mendapatkan tingkat pengembalian investasi yang tinggi. Jika nilai Perusahaan tinggi maka meningkatkan permintaan saham oleh karena itu akan meningkatkan nilai Perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, likuiditas, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel intervening pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2018-2022. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan pendekatan kuantitatif melalui uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji Moderated Regression Analysis (MRA). teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, dengan 12 perusahaan sebagai sampel penelitian dari total populasi 30 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa leverage dan likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai Perusahaan, tetapi profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai Perusahaan pada Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Leverage, likuiditas, dan profitabilitas secara simultan berpengaruh terhadap nilai Perusahaan pada Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Kemudian kebijakan dividen tidak mampu memediasi pengaruh hubungan antara leverage, likuiditas, dan profitabilitas terhadap nilai Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Kata Kunci: Leverage, Likuiditas, Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Nilai Perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 May 2024 04:27
Last Modified: 21 May 2024 04:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33316

Actions (login required)

View Item View Item