TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI SURAT EDARAN MENTERI KETENAGAKERJAAN NOMOR M/3/HK.04/III/2020 TAHUN 2020 TENTANG PERLINDUNGAN PEKERJA/ BURUH DAN KELANGSUNGAN USAHA DALAM RANGKA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN COVID-19 (Studi Kasus di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tulang Bawang)

OVELINDA, NABILA PUTRI (2024) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI SURAT EDARAN MENTERI KETENAGAKERJAAN NOMOR M/3/HK.04/III/2020 TAHUN 2020 TENTANG PERLINDUNGAN PEKERJA/ BURUH DAN KELANGSUNGAN USAHA DALAM RANGKA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN COVID-19 (Studi Kasus di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tulang Bawang). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI OVELINDA NABILA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pada pandemi COVID-19 ini pemerintah mencoba mengimplemetasikan surat edaran menteri tenagakerjaan nomor M/3/HK.04/III/2020 tahun 2020 tentang perlindungan pekerja/ buruh dan kelangsungan usaha dalam rangka pencegahan dan penanggulangan COVID-19 yaitu sehubungan dengan meningkatnya penyebaran COVID-19 di beberapa wilayah Indonesia dan memperhatikan pernyataan resmi World Health Organization (WHO) yang menyatakan COVID-19 sebagai pandemi global, perlu dilakukan langkah-langkah guna melindungi pekerja/buruh serta kelangsungan usaha. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana implementasi perlindungan pekerja/ buruh dan kelangsungan usaha dalam rangka pencegahan dan penanggulangan COVID-19 di kabupaten tulang bawang dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap implementasi perlindungan pekerja/ buruh dan kelangsungan usaha dalam rangka pencegahan dan penanggulangan COVID-19 di kabupaten tulang bawang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Berdasarkan sifatnya penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Pengumpulan data dalam penelitian dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif analisis dengan berpikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Implementasi perlindungan pekerja/buruh dan kelangsungan usaha dalam rangka pencegahan dan penanggulangan COVID-19 di Kabupaten Tulang Bawang sudah berjalan dengan baik dan dapat dinyatakan secara efektif dalam melindungi dan menanggapi dampak yang dibuktikan melalui adanya antisipasi yang dilakukan oleh pelaku usaha terhadap para pekerja demi keberlangsungan usaha bagi pelaku usaha, pemberian upah yang diterima sebagai bentuk perlindungan terhadap para pekerja sebagai wujud hak yang diterima oleh setiap pekerja serta menerapkan protokol pencegahan COVID-19. Tinjauan hukum Islam terhadap implementasi perlindungan pekerja/ buruh dan kelangsungan usaha dalam rangka pencegahan dan penanggulangan COVID-19 di Kabupaten Tulang Bawang sudah sesuai dengan hukum Islam karena memenuhi prinsip-prinsip seperti kemerdekaan manusia, kemuliaan derajat manusia, keadilan dan anti diskriminasi, serta kelayakan upah pekerja. Karena didalam Surat Edaran tersebut terdapat hak-hak pekerja yang terdampak COVID-19, dan bagi pengusaha tetap bisa melakukan penangguhan upah sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku. Penangguhan upah tersebut bisa dirundingkan antara pengusaha dan pekerja agar salah satu pihak tersebut tidak merasa dirugikan. Kata Kunci: Hukum Islam, Implementasi, Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 May 2024 04:18
Last Modified: 21 May 2024 04:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33315

Actions (login required)

View Item View Item