PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT BERBANTUAN E-MODUL MATEMATIKA INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP/ MTs

Fira, Nur Halizah (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT BERBANTUAN E-MODUL MATEMATIKA INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP/ MTs. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI Fira Nur Halizah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Concept Attainment berbantuan E-Modul matematika interaktif terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Way Jepara, dengan dua sampel penelitian yaitu kelas ekperimen dan kelas kontrol yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Tes yang digunakan berupa soal uraian untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis. Observasi dengan cara pengamatan langsung mengenai proses belajar mengajar dengan tujuan untuk memperoleh informasi tentang objek dalam penelitian. data yang sudah dikumpul selanjutnya dianalisis melalui uji prasyarat dan uji hipotesis Hasil analisis melalui uji multivariate analysis of variance, dengan taraf signifikan 5% diperoleh kesimpulan (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Concept Attainment berbantuan E-Modul matematika interaktif terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis matematis siswa, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Concept Attainment berbantuan E-Modul matematika interaktif terhadap pemahaman konsep siswa, dan (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Concept Attainment berbantuan E-Modul matematika interaktif terhadap berpikir kritis matematis siswa. Kata Kunci: Model Concept Attainment, Pemahaman Konsep, Berpikir Kritis. ii ABSTRACT The aim of this research is to determine the effect of the Concept Attainment learning model assisted by interactive mathematics E�Modules on students' conceptual understanding and critical thinking. This research method uses quantitative research. The population in this study were all students in class VIII of SMP Negeri 2 Way Jepara, with two research samples, namely the experimental class and the control class, selected using a simple random sampling technique. This research uses data collection techniques in the form of tests and observations. The test used is in the form of essay questions to measure the ability to understand concepts and critical thinking abilities. Observation by means of direct observation of the teaching and learning process with the aim of obtaining information about the object in research. The data that has been collected is then analyzed through prerequisite tests and hypothesis testing The results of the analysis through the multivariate analysis of variance test, with a significance level of 5%, concluded that (1) There is a significant influence on the Concept Attainment learning model assisted by interactive mathematics E-Modules on students' understanding of mathematical concepts and critical thinking, (2) There is a significant influence on the Concept Attainment learning model assisted by an interactive mathematics E-Module on students' conceptual understanding, and (3) There is a significant influence on the Concept Attainment learning model assisted by an interactive mathematics E-Module on students' critical mathematical thinking. Keywords: Concept Attainment Model, Concept Understanding, Critical Thinking.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 May 2024 02:55
Last Modified: 21 May 2024 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33310

Actions (login required)

View Item View Item