TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENETAPAN PEMBAYARAN UPAH GURU NGAJI DENGAN KOPI DAN BERAS (Studi di Desa Sukaraja Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat)

Rosi, Wiliyanda (2024) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENETAPAN PEMBAYARAN UPAH GURU NGAJI DENGAN KOPI DAN BERAS (Studi di Desa Sukaraja Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ROSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Desa Sukaraja Kecamatan Batu Brak Lampung Barat merupakan salah satu tempat bermuamalah, salah satunya yaitu upah mengupah. Penelitian ini adalah sistem penetapan upah guru mengajar mengaji dengan kopi dan beras taman Pendidikan Al-Qur’an At�Taqwa Desa Sukaraja Kecamatan Batu Brak Lampung Barat. Mata pencaharian sebagian besar masyarakat pekon sukaraja adalah petani kopi dan padi, Oleh karena itu adanya pengupahan guru ngaji menggunakan kopi dan beras. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana sitem pembayaran upah guru ngaji menggunakan kopi dan beras di Desa Sukaraja Kecamatan Batu Brak Lampung Barat.? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam tentang penetapan Pembayaran Upah Guru Ngaji dengan Kopi dan Beras di Desa Sukaraja Kecamatan Batu Brak Lampung Barat? Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana sistem pembayaran upah guru ngaji menggunakan kopi dan beras di Desa Sukaraja Kecamatan Batu Brak Lampung Barat dan Tinjauan Hukum Islam Tentang penetapan Pembayaran Upah Guru Ngaji Dengan Kopi Dan Beras di Desa Sukaraja Kecamatan Batu Brak Lampung Barat. penelitian ini adalah penelitian lapangan bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder, data primer diambil dari data kasus dilapangan dengan data sekunder diambil dari buku yang berkenaan dengan masalah upah mengupah metode pengumpulan data menggunakan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data populasi dan sampel diambil dari data lapangan sedangan analisa data menggunakan analisa data kualitatif dengan pendekatan berfikir induktif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Sitem Pembayaran Upah Guru Ngaji Menggunakan Kopi Dan Beras ditaman pendidikan Al-Qur’an At-Taqwa Desa Sukaraja Kecamatan Batu Brak Lampung Barat, Dilakukan dengan cara menetapkan upah mengajar dengan menggunakan kopi dan beras sebanyak 20 kg kopi dan 20 kg beras atau bisa dibayar dengan uang yang disesuaikan dengan harga kopi dan beras pada saat itu. Penetapan upah tersebut dilakukan tanpa adanya musyawarah dengan wali murid. Tinjauan Hukum Islam Tentang penetapan Pembayaran Upah Guru Ngaji Dengan Kopi Dan Beras ditaman pendidikan Al-Qur’an At-Taqwa Desa Sukaraja Kecamatan Batu Brak Lampung Barat, Belum sesuai dengan hukum Islam. karena tidak adanya musyawarah antara guru mengaji dan wali murid selain itu adanya penetapan upah yang dilakukan oleh guru mengaji, dengan nominal tertentu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 May 2024 08:23
Last Modified: 20 May 2024 08:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33307

Actions (login required)

View Item View Item