IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 01 SUGIH WARAS OKU TIMUR SUMATERA SELATAN

RENI, PUSPITASARI (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 01 SUGIH WARAS OKU TIMUR SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK RENI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan fenomena yang ada di masyarakat Indonesia umumnya selalu di temui kejanggalan dan kemerosotan moral, tingkah laku dan perangai terutama di usia sekolah dasar. Demikian juga peserta didik yang selalu di sibukkan dengan sistem pembelajaran modern yang mana anak mau tidak mau harus menggunakan gadget yang dapat mengakses pelajaran yang apabila tidak di awasi orang tua dan dibimbing oleh guru dapat di salah gunakan anak untuk mengakses ke situs yang belum sepantasnya dapat di akses anak yang tentunya berdampak pada kondisi fisik mental dan moral anak. Agar membatasi tidak terlalu banyaknya anak mengakses dunia internet yang berpotensi menjurus kearah negatif sebaiknya memberikan bahan bacaan dan sumber belajar yang sudah jelas di peruntukan untuk peserta didik seperti buku siswa yang memang di keluarkan oleh pemerintah untuk menjadi bahan ajar dan bahan bacaan guna meningkatkan kembali moralitas, kesopanan yang selama ini terus merosot. Berdasarkan wawancara yang peneliti laksanakan dengan wali kelas SDN 01 Sugih Waras OKU Timur Sumatera Selatan pada saat pra-penelitian. Pendidikan multikultural penting diterapkan pada peserta didik guna menghadapi keragaman yang ada di Indonesia. “Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 01 Sugih Waras OKU Timur Sumatera Selatan”. Sebagaimana yang telah diuraikan, maka penulis ingin mengetahui nilai-nilai pendidikan multikultural yang terkandung dalam buku siswa tersebut. Dengan demikian, maka penulis akan melakukan penelitian dengan judul “Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 01 Sugih Waras OKU Timur Sumatera Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif-deskriptif yaitu pendekatan penelitian yang berusaha mendesripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi sekarang yang dimana penelitian ini memotret peristiwa dan kejadian yang terjadi menjadi focus perhatiannya untuk kemudian di jabarkan sebagimana adanya. Menurut Jane Richie penelitian kualitatif adalah upaya untuk menyajikan dunia sosial, dan perspektifnya, di dalam dunia. Berdasarkan paparan data dan pembahasan tentang Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 01 Sugih Waras iii OKU Timur Sumatera Selatan maka peneliti dapat mengambil kesimpulanImplementasi Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 01 Sugih Waras OKU Timur Sumatera Selatan telah maksimal karena telah terencana dalam Modul Projek Fase B dengan tema “Bhinieka Tunggal Ika”dan terimplementasi dengan baik. Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 01 Sugih Waras OKU Timur Sumatera Selatan belum dapat membentuk Profil Pelajar Pancasila peserta didik SD Negeri 01 Sugih Waras OKU Timur Sumatera Selatandengan maksimal, karena masih adanya hambatan dalam pengimplementasian Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 01 Sugih Waras OKU Timur Sumatera Selatan. Kata Kunci: Pendidikan Multikultural, Profil Pelajar Pancasila, SD Negeri 01 Sugih Waras OKU Timur Sumatera Selatan iv ABSTRACT Based on existing phenomena in Indonesian society, in general, irregularities and decline in morals, behavior and temperament are always found, especially at elementary school age. Likewise, students are always busy with modern learning systems where children inevitably have to use gadgets that can access lessons which, if not supervised by parents and guided by teachers, can be misused by children to access sites that are not appropriate for them to use. children's access which of course has an impact on the child's physical, mental and moral condition. In order to limit the number of children accessing the internet which has the potential to lead to negative things, it is better to provide reading materials and learning resources that are clearly intended for students, such as student books which are issued by the government to be used as teaching materials and reading materials to improve morality, politeness that has been continuing to decline. Based on interviews conducted by researchers with the homeroom teacher of SDN 01 Sugih Waras OKU Timur, South Sumatra during pre-research. It is important to apply multicultural education to students in order to face the diversity that exists in Indonesia. "Implementation of Multicultural Education in Forming Pancasila Student Profiles for Class IV Students at SD Negeri 01 Sugih Waras East OKU, South Sumatra." As has been explained, the author wants to know the values of multicultural education contained in the student's book. Thus, the author will conduct research with the title "Implementation of Multicultural Education in Forming Pancasila Student Profiles for Class IV Students at SD Negeri 01 Sugih Waras OKU Timur, South Sumatra." The approach used in this research is a qualitative-descriptive approach, namely a research approach that attempts to describe a symptom, event, event that is happening now, where this research photographs events and events that occur and becomes the focus of attention and then describes it as it is. According to Jane Richie, qualitative research is an attempt to present the social world, and its perspectives, within the world. Based on the data presentation and discussion regarding the Implementation of Multicultural Education in Forming Pancasila Student Profiles for Class IV Students at SD Negeri 01 Sugih Waras OKU East, South Sumatra, the researcher can draw conclusions about the Implementation of Multicultural Education in Forming Pancasila Student Profiles for Class IV Students at SD Negeri 01 v Sugih Waras OKU East South Sumatra has been maximized because it was planned in the Phase B Project Module with the theme "Unity in Diversity" and was implemented well. Implementation of Multicultural Education in Forming a Pancasila Student Profile for Class IV Students at SD Negeri 01 Sugih Waras East OKU, South Sumatra has not been able to form a Pancasila Student Profile for students at SD Negeri 01 Sugih Waras East OKU, South Sumatra, because there are still obstacles in implementing Multicultural Education in Forming a Pancasila Student Profile for Class IV Students at SD Negeri 01 Sugih Waras East OKU, South Sumatra. Keywords: Multicultural Education, Pancasila Student Profile, SD Negeri 01 Sugih Waras East OKU South Sumatra

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 May 2024 06:34
Last Modified: 20 May 2024 06:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33291

Actions (login required)

View Item View Item