HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 TIRTAYASA SERANG BANTEN

HERLIYANTI, AMALIA (2024) HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 TIRTAYASA SERANG BANTEN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI HERLIYANTI AMALIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Konsep diri merupakan salah satu aspek penting untuk mempengaruhi perencanaan karir peserta didik. Namun didapati hasil terdapat peserta didik yang bingung untuk menentukan perencanaan karir setelah lulus dari bangku SMA, dikarenakan lemahnya konsep diri yang dimiliki peserta didik untuk merencanakan akan kemana setelah lulus. Namun disisi lain, ada peserta didik yang sudah menentukan dan merencanakan karirinya setelah lulus nanti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan perencanaan karir peserta didik di SMAN 1 Tirtayasa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasi. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas X SMAN 1 Tirtayasa sebanyak 186 peserta didik, sampel pada penelitian ini 65 peserta didik dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pada uji validitas menggunakan Pearson Product Moment sebanyak variabel (X) konsep diri terdiri dari 22 pernyataan dan variabel (Y) perencanaan karir terdiri dari 19 pernyataan. Sedangkan pada uji relibilitas menggunakan rumus Alpha Cronboch memperoleh rhitung = 0,765 > rtabel 0,244 maka data tersebut memiliki instrument instrimen yang valid dan reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji prasayarat yaitu uji nromalitas dengan menggunakan uji Kolmogrov-Smirnov 0,942 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji linieritas R sebesar 0.139 dan nilai R Square 0.019 yang menyatakan bahwa hubungan variabel bebas dan variabel terikat sebesar 1.9%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara konsep diri dengan perencanaan karir peserta didik pada uji hipotesis digunakan korelasi pearson product moment dimana nilai korelasi 0.139 dan nilai signifikansi 0,000 > 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian hasil hipotesis yang didapat menunjukan terdapat hubungan konsep diri dengan perencanaan karir pada peserta didik kelas X SMAN 1 Tirtayasa. Rekomendasi hendaknya guru BK memberikan layanan konseling untuk meningkatkan konsep diri peserta didik sehingga mampu memiliki perencanaan karir yang baik. Kata kunci : perencanaan karir, konsep diri. iv ABSTRACT Self concept is an important aspect to influence student’s career planning. However it was found that there were students who were confused about determining career plans after graduating from high school, due to the students week self concept in planning where they would go after graduating. But on the other hand, there are students who have already decided and planned their careers after graduating. This research aims to determine the relationship between self concept and student’s career planning at SMAN 1 Tirtayasa. This research uses quantitative methods with a correlation design. The population of this study was 186 students in class in the validity test using Pearson Product Moment, the variable (X) self concept consists of 22 statements and the variable (Y) career planning consists of 19 statements. Do the date has a valid and relible instrument. Next, the data was analyzed for the prerequisite test, namely the normality test using the Kolmogrov-Smirnov test 0.942 > 0,05, so it can be concluded that the data is normally distributed. Meanwhile, the R linearity test is 0.139 and the R Square value is 0.019, which states that the relationship between the independent variable and the dependent varible is 1.9%. The results of the research show that there is a relationship between self concept and students career planning. In hypothesis testing, the Persons Product Moment correlation was used, where the correlation value was 0.139 and the significance value was 0.000 > 0.05, so Ho was rejected and Ha was accepted, thus the hypothesis relationship between self concept. With career planning for class X studnts at SMA N 1 Tirtayasa. the recommendation is that guidance and counselling teachers should provide counselling services to improve students self concept so that they are able to have good career planning. Keyword : Career planning, Self-concept

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 May 2024 04:22
Last Modified: 20 May 2024 06:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33288

Actions (login required)

View Item View Item