IMPELMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI SMP AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

YUNITA, Muhammad Wani (2024) IMPELMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI SMP AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI YUNITA BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI YUNITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen sarana dan prasarana pendidikan merupakan faktor penting dalam mendukung proses tercapainya pembelajaran yang efektif dan efisien karena seperti yang diketahui bahwa proses penyampaian pembelajaran akan membutuhkan alat-alat pembelajaran seperti buku, meja, kursi ataupun ruang belajar yang digunakan dalam proses penyampaian materi maka perlunya fasilitas sarana dan prasarana yang memadai. Penerapan manajemen sarana dan prasarana pendidikan, melalui beberapa tahapan seperti proses perencanaan, pengadaan, pemeliharaan dan penghapusan terhadap sarana dan prasarana pendidikan. Penelitian ini disusun untuk mengetahui seperti apa implementasi manajemen sarana dan prasarana di SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Metode peneltian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori E.Mulyasa. Dalam proses pengumpulan data dengan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dimana penulis akan mewawancarai beberapa respoden yang terdiri dari kepala sekolah, waka sarana dan prasarana, claning service dan komite,Tujuan penelitian ini untuk memotivasi banyak sekolahan agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang lebih baik melalui peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendidikan selain itu manfaat yang bisa didapatkan dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber referensi dalam meningkatkan kualitas sarana dan prasarana di sekolah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung telah melakukan perencanaan pada setiap tahunnya dengan melakukan penampungan usulan-usulan dan menentukan skala prioritas perencanaan, pengadaan sarana dan prasarana di sekolah ini dilakukan setelah melalui standar SOP dan menentukan sekala prioritas terkait barang yang harus lebih dahulu diadakan setelah menentukan skala prioritas tersebut barulah sekolah mengajukan kepada pihak yayasan, proses pemeliharaan sarana dan prasarana dilakukan secara berkala setiap persemesternya , dimana iii sekolah akan melakukan pengecekan dan perawatan sebanyak dua kali atau lebih, penghapusan sarana dan prasarana disekolah ini dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara disumbangkan dan dimusnahkan setelah mendapatkan persetujuan pihak yayasan. Kata Kunci : Manajemen, Sarana dan Prasarana iv ABSTRAC Management of educational facilities and infrastructure is an important factor in supporting the process of achieving effective and efficient learning because as is known, the process of delivering learning will require learning tools such as books, tables, chairs or study rooms used in the process of delivering material, so facilities are needed. and adequate infrastructure. Implementation of management of educational facilities and infrastructure, through several stages such as planning, procurement, maintenance and elimination of educational facilities and infrastructure. This research was designed to find out what the implementation of facilities and infrastructure management is like at Al-Azhar 3 Middle School in Bandar Lampung. The research method used in this research is a qualitative research method using a descriptive approach. The theory used in this research is E. Mulyasa's theory. In the process of collecting data through interviews, observation and documentation, the author will interview several respondents consisting of school principals, deputy heads of facilities and infrastructure, claning services and committees. The aim of this research is to motivate many schools to achieve better learning goals through improving the quality of educational facilities and infrastructure, apart from that, the benefits that can be obtained from this research can be used as a reference source in improving the quality of facilities and infrastructure in schools. The results of this research show that, Al-Azhar 3 Middle School Bandar Lampung has carried out planning every year by gathering proposals and determining the priority scale for planning, procurement of facilities and infrastructure at this school after going through SOP standards and determining the priority scale regarding goods. which must be held first after determining the priority scale, then the school submits it to the foundation, the process of maintaining facilities and infrastructure is carried out periodically every semester, where the school will carry out checks and maintenance twice or more, the removal of facilities and v infrastructure in this school is carried out in two The method is by donating it and destroying it after obtaining approval from the foundation. Keywords: Management, Facilities and Infrastructure

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 May 2024 04:14
Last Modified: 20 May 2024 05:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33287

Actions (login required)

View Item View Item