PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF TERHADAP KECERDASAN LINGUISTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 TERUSAN NUNYAI

DAYU, FATIMAH (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF TERHADAP KECERDASAN LINGUISTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 TERUSAN NUNYAI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  1-2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI  DAYU FATIMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas tentang “Pengaruh Metode Pembelajaran Debat Aktif terhadap Kecerdasan Linguistik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Terusan Nunyai” yang bertujuan untuk : mengetahui pengaruh signifikan metode pembelajaran debat aktif terhadap kecerdasan linguistik pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Terusan Nunyai. Berdasarkan hasil pra-penelitian, ditemukan fakta bahwa masih banyak peserta didik yang belum aktif didalam proses pembelajaran khususnya didalam menyampaikan sebuah pendapat ataupun berargumentasi dengan menggunakan gagasan-gagasan yang baik. Hal tersebut didapatkan dari hasil wawancara dengan pendidik mata Pelajaran Pendidikan agama Islam. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Exsperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI di SMA Negeri 1 Terusan Nunyai yang berjumlah 389 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, didapatkan sampel kelas XI.10 sebagai kelas eksperimen dan XI.12 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian menggunakan Posttest-Only Control Design. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket (kuisioner) berupa skala likert yang berjumlah 28 soal yang telah melalui uji validitas dan uji realibilitas sehingga layak digunakan sebagai alat ukur penelitian. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah Uji Normalitas dan Uji Homogenitas menggunakan Uji-t pada SPSS 25 dengan menggunakan independent-sample t-test. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan perolehan hasil signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa metode pembelajaran debat aktif terhadap kecerdasan linguistik pada mata Pelajaran Pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Terusan Nunyai kecamatan terusan nunyai kabupaten Lampung Tengah. Pengaruh yang signifikan terlihat dari hasil posttest pada kelas eksperimen yang lebih baik dari pada kelas kontrol melalui penerapan metode pembelajaran debat aktif terhadap kecerdasan linguistik. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Debat Aktif, Kecerdasan Linguistik, dan Peserta Didik iii ABSTRACT This thesis discusses "The Influence of Active Debate Learning Methods on Linguistic Intelligence in Islamic Religious Education Subjects at SMA Negeri 1 Terusan Nunyai" which aims to: determine the significant influence of active debate learning methods on linguistic intelligence in Islamic religious education subjects at SMA Negeri 1 Terusan Nunyai. Based on the results of pre-research, it was found that there are still many students who have not been active in the learning process, especially in expressing an opinion or arguing using good ideas. This was obtained from interviews with educators of Islamic religious education subjects. This type of research is quantitative research with Quasi Experiment method. The population in this study was all class XI at SMA Negeri 1 Terusan Nunyai which amounted to 389 students with sampling techniques using simple random sampling, obtained samples of class XI.10 as an experimental class and XI.12 as a control class. The research design used Posttest-Only Control Design. The research instrument used is in the form of a questionnaire in the form of a Likert scale totaling 28 questions that have gone through validity tests and reliability tests so that they are suitable for use as research measuring tools. Data analysis techniques in this study are Normality Test and Homogeneity Test using t-Test on SPSS 25 using independent-sample t-test. The results of the hypothesis test show that there is a significant effect with the acquisition of significance results (2-tailed) 0.000 < 0.05. This study obtained the results that the active debate learning method on linguistic intelligence in Islamic religious education subjects at SMA Negeri 1 Terusan Nunyai, Nunyai Canal District, Central Lampung Regency. A significant effect can be seen from the posttest results in the experimental class that are better than the control class through the application of active debate learning methods to linguistic intelligence. Keywords: Active Debate Learning Method and Linguistic Intelligence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 May 2024 04:08
Last Modified: 20 May 2024 05:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33286

Actions (login required)

View Item View Item